Usaha-Usaha Bisnis Pada Bulan Ramadhan yang Menguntungkan


Dekama94 Blog- Bulan ramadhan atau puasa merupakan bulan yang sangat berkah untuk kita yang menjalankannya dan seluruh umat muslim di dunia. Bulan ini memang sangat di nanti-nanti oleh para muslim di dunia, karena bulan yang hanya datang sekali dalam setahun ini memang memberikan suatu hal yang berbeda dengan yang lain. Di bidang ekonomi masyarakat, bulan ramadhan menjadi salah satu berkah bagi para pedagang pedagang yang menyajikan berbagai makanan mulai yang kecil hingga berat dan juga menu segar takjil.



Di bulan ramadhan ini, tepi jalan-jalan besar yang sering padat oleh lalu lalang kendaraan bermotor di sulap menjadi pasar takjil yang rata-rata dilakukan oleh para pedagang musiman. Pedagang musiman ini rata-rata di kerjakan oleh para masyarakat yang ingin memanfaatkan berkahnya bulan ramadhan untuk mencoba peruntungan berbisnis dadakan untuk meraup keuntungan yang diinginkan dengan modal yang tidak terlalu banyak. Modal yang tak terlalu banyak juga akan menghasilkan barang dagangan yang tidak banyak dan mewah, kebanyakan para pedagang musiman ini menjual makanan pembuka untuk buka puasa, misalnya kolak, es buah, gorengan, kue, jajan tradisional. Tidak memerlukan modal yang terlalu besar, bisnis jual tajil membuat perputaran uang lebih cepat balik modal dan tidak takut untuk rugi. Hal ini sering di lakukan oleh pedagang dadakan, mahasiswa yang merantau dari kota lain yang ingin menambah uang jajan, pelajar yang iseng-iseng berjualan untuk mendapatkan keuntungan, mereka semua hanya membutuhkan percaya diri ekstra saat memasarkan barang dagangannya, jika mereka bisa berhasil menarik minat pembeli untuk membeli barang dagangannya maka besar juga pendapatan yang akan diraih.

Berikut adalah usaha-usaha bisnis dadakan pada bulan ramadhan yang sangat menguntungkan bagi anda yang berminat :

1. Bisnis Jajanan Kue Tradisional

Kue merupakan makanan pembuka yang baik bagi para muslim yang lagi melaksanakan ibadah puasa sebelum mereka menyantap makan berat setelah melakukan sholat. Dengan modal yang tidak lumayan banyak, kita dapat menjualnya dengan keuntungan yang sedikit banyak, adapun kalau kue-kue itu tidak laku dipasarkan maka kita juga bisa menyantapnya. Jadi, bisnis ini lumayan bagus bagi anda yang ingin bisnis kecil-kecilan sambil ngabuburit di bulan ramadhan.

2. Bisnis Menu Takjil

Takjil merupakan menu yang sering kita jumpai di tepi-tepi jalan besar yang disulap menjadi pasar takjil oleh pedagang-pedagang musiman. Takjil merupakan menu penyegar dahaga setelah seharian penuh menahan lapar dan haus selama menjalankan ibadah puasa. Menu Takjil diantaranya : es degan, es dawet, es buah, sup buah, es rumput laut, dsb. Sama dengan bisnis jajanan kue tradisional, dengan modal yang tidak lumayan banyak, kita dapat menjualnya dengan keuntungan yang sedikit banyak, adapun kalau menu takjil itu tidak laku dipasarkan maka kita juga bisa meminumnya sendiri atau berbagi dengan yang lainnya. Jadi, bisnis ini lumayan bagus bagi anda yang ingin bisnis kecil-kecilan  dengan menjual beberapa menu takjil.

3. Bisnis Jual Kurma

Di bulan ramadhan ini adalah menjadi musim bagi para pedagang musiman yang menjual kurma. Kurma yang merupakan buah yang berasal dari arab yang bermanfaat karena sangat kaya dengan unsur Kalsium dan besi untuk kesehatan manusia, buah ini juga di anjurkan untuk di makan saat awal berbuka puasa sebelum makan makanan yang berat dan sempat terdengar berita kalau hal tersebut merupakan kebiasaan nabi di masa lalu. Oleh karena itu, bisnis ini sangat lumayan pesat dalam pemasarannya di bulan ramadhan yang suci ini. Jadi, Bisnis ini cukup bagus namun harus membutuhkan modal yang lumayan besar.

4. Bisnis Mercon/kembang api

Bulan Ramadhan ini sering kita mendengar suara dentaman seperti sebuah ledakan, bukan BOM atau TNT yang sedang di ledakkan melainkan suara mercon. Mercon/ kembang api merupakan bahan yang terbuat dari beberapa partikel yang digunakan untuk menghibur diri dengan hasil api yang indah. Usaha ini memang sempat dilarang oleh kepolisian karena membahayakan dan menggangu masyarakat, namun jika sudah bulan ramadhan larangan itu tidak digubris lagi. Untuk usaha ini membutuhkan modal yang agak besar karena harga persatuannya lumayan mahal. Menurut cerita dari temanku yang sempat menjual petasan, hasil keuntungannya sangat besar sekali kalau kita pintar bermain harga. Jadi, sebaiknya anda mencoba berbisnis lain, walaupun keuntungannya besar namun resikonya besar apalagi kalau terkena razia polisi.

5. Bisnis Pakaian

Baju baru mungkin identik dengan perayaan Idul Fitri, kebanyakan masyarakat beranggapan jika datang hari yang fitri maka semuanya kembali ke fitri termasuk bajunya. Oleh karena itu setiap memasuki bulan ramadhan, pasar tradisional pasti ramai dengan kedatangan masyarakat luas yang ingin membeli pakaian untuk dirinya, anaknya, ataupun di jual lagi. Untuk bisnis pakaian, modal untuk berdagangnya membutuhkan modal yang sangat besar, mengingat harga persatuannya cukup mahal. Resikonya juga tinggi jikalau barang tidak laku, maka akan banting harga dan kita akan merugi besar. Jadi, jika anda benar-benar berani maka silahkan anda mencoba bisnis pakaian ini, namun jika ragu-ragu sebaiknya tidak usah, dan memilih usaha bisnis lain yang lebih menarik.

6. Bisnis Kue Kering untuk Lebaran

Jika anda berkunjung ke rumah sanak saudara, teman, atau orang lain, maka anda sering dan pasti disuguhi oleh si tuan rumah dengan beberapa jenis kue kering. Bisnis kue kering biasanya paling banyak dijalankan masyarakat karena kue kering permintaanya sangat banyak bahkan sampai lebaran. Apalagi kalau hasil dari rasa kue kering anda terasa enak, wah pastinya banyak yang membeli dan dapat pundi-pundi rupiah yang sangat banyak. Jadi, jika anda yang berbakat dalam bidang ini, maka ini adalah kesempatan emas untuk anda memulai bisnis dan memasarkan hasil dari keterampilan anda selama ini.

7. Bisnis Catering Menu Saur dan Buka Puasa

Ini yang paling mudah untuk dikerjakan bagi masyarakat yang masih mencoba atau pemula dalam bisnis. Karena dengan midal yang relatif tidak besar kita bisa mencoba menjual makanan pembuka untuk buka puasa, musalnya kolak, es buah atau aneka gorengan. Selain modal yang tidak terlalu besar, bisnis jual takjil membuat perputaran uang lebih cepat balik modal dan tidak takut untuk rugi.

Dari beberapa saran tentang  usaha-usaha bisnis dadakan pada bulan ramadhan yang sangat menguntungkan di atas, jika anda berminat berbisnis dengan salah satu jenis usaha bisnis maka anda harus memiliki sebuah keberanian untuk melakukan usaha dalam pemasaran barang yang anda pasarkan. Selain itu, juga kita harus selektif dalam memilih bahan agar kita bisa menampilkan mutu yang berkualitas dan murah sehingga banyak orang yang akan datang kepada kita untuk membeli barang. Ini yang terpenting, pilihlah tempat yang strategis, karena tempat menjadi unsur utama dalam keberhasilan anda berbisnis.

 

About these ads

About Dimas Eka Pratama

Orang asli Malang yang bercita-cinta ingin menjadi seorang pengusaha terkenal. Saat ini, memiliki hobby menulis di dalam dunia maya dan memiliki impian menerbitkan buku. Ingin lebih mengenal penulis, klik http://www.dimasekapratama.com

Posted on Agustus 8, 2011, in Artikel, Opini Penulis and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. bisnis kembang api keren juga…hehe
    tapi mdalnya juga lumayan

    tkz bro, sharenya

  2. Assalamualaikum semuanya,

    Tepat sekali Admin, bisnis di bulan Ramadhan sangatlah menjanjikan sebab pola konsumsi masyarakat meningkat, lalu banyak yang mendapat THR dan gaji ke 13. Pokoknya rame deh…

    Salahsatunya adalah bisnis busana muslimah. Siapa sih muslimah yang gak kepingin tampil segar di Hari Raya? Jangan lewatkan kesempatan ini dengan cara menjadi AGEN JILBAB MEIDIANI yaa… Lumayan kok jadi kita juga kecipratan berkah Ramadhan.

    Berikut ini produk2 kami…

    Jilbab Praktis Meidiani di http://www.meidiani.com
    Mukena Cantik Meidiani di http://www.mukena-meidiani.com
    Aneka Daleman Muslimah di http://www.aimee-inners.com

    Kami adalah produsen langsung, jadi lebih sip deh diskon dan layanannya…

    Terimakasih Admin sudah berkenan memposting komen saya… Semoga sukses selalu!

    Wassalam.

  1. Ping-balik: 7 Bisnis Bulan Ramadhan - BlogBlog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 854 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: