Resensi : The Hoax (2006)


Dekama94 Blog- Film The Hoax, salah satu film lama yang susah sekali untuk mencari link untuk download film ini. Butuh waktu sampai tadi sore untuk bisa sewa film ini, karena memang film ini tiba-tiba jadi buruan utama setelah ada tugas dari mata kuliah etika bisnis, dan perlu 5 hari ini untuk mendapatkannya.

Film The Hoax karangan dari sutradara terkenal, Lasse Hallstrom merupakan film yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Di awal cerita, kita dibawa dalam suatu kejadian dimana McGraw-Hill, kantor penerbitan buku terkenal di Amerika tiba-tiba dikosongkan dengan alasan yang tidak diketahui.

 

Beberapa saat, kita diajak untuk melihat ke cerita 4 bulan yang lalu. Dimana, seorang penulis yang bernama Clifford Irving ternyata karyanya tidak diterbitkan oleh McGraw karena alasan tertentu. Hal tersebut membuat Cliff prustasi karena kejadian tersebut, apalagi melihat selingkuhannya berada di hati orang lain. Namun, disaat Cliff berada di rumah dan menemani istrinya melukis, Cliff tiba-tiba menemukan sebuah majalah yang berisikan mengenai rahasia dari Howard Hughes  yang merupakah salah satu tokoh terkenal di Amerika. Cliff menemukan sebuah peluang untuk menulis autobiografi dari Howard Hughes yang memang masih belum ada penulis di Amerika yang menuliskan autobiografi tersebut.

Ide busuknya mulai muncul, dia memulai untuk menuliskan sebuah suarat kuning yang berisi tentang pernyataan Hughes bahwa dirinya mau untuk dituliskan biografinya oleh Cliff. Dibantu oleh istrinya, Cliff membuat kata-kata yang seolah-olah tulisan tersebut memang benar-benar dari tulisan tangan Hughes. Setelah surat itu selesai dibuat, dikirimlah surat tersebut ke Mc Graw. Setelah surat diterima, Mc Graw tertarik untuk menerbitkan project mengenai buku autobiografi Hughes. Namun, McGraw tidak mudah percaya pada Cliff, apalagi diketahui apabila Hughes sudah hampir 15 tahun tidak mau diwawancarai oleh wartawan. Kepintaran Cliff dalam bernegoisasi akhirnya membuat adanya kata deal antar keduanya sehingga terbentuklah sebuah projek yang bernama, “Project Octavio”.

“Project Octavio”, ini bernilai 500.000 $, dimana 400.000 $ bagian untuk Hughes lalu sisanya keuntungan bagi Cliff. Cliff dalam proyek ini dibantu oleh teman dekatnya Dick. Dick juga merupakan seorang penulis yang taat pada aturan yang berlaku, dan memiliki harapan untuk bisa menulis buku mengenai sodomi. Namun setelah bekerjasama dengan Cliff, terlihat apabila Dick mulai untuk berani melakukan pelanggaran-pelanggaran etika karena hasutan Cliff.

Pelaksanaan Project ini dilakukan dengan memulainya dari perpusatakaan di Washington DC yang menyimpan data-data rahasia. Kelicikan Cliff dimulai, dengan memfoto tulisan yang ada di sebuah buku. Lalu mengirimkan laporan palsu ke Mc Graw. Selain itu juga, mereka berdua mengambil dokumen rahasia dengan cara yang sungguh licik dan dapat mengelabuhi pengawasan petugas yang cukup ketat. Selain itu, Cliff juga bertemu dengan salah satu pesiunan pilot yang merupakan teman dekat Howard, disana Cliff juga menduplikasikan data-data rahasia milik pilot tersebut.

Clliford Irving  bersama Dick. memikirkan cara yang mudah untuk cepat kaya raya. Setelah melakukan penelitian besar, Irving memutuskan untuk menulis biografi Howard Hughes.

Karena tidak pernah melakukan wawancara dengan Hughes, biografi ditulis berdasarkan khayalan dan imajinasi seorang Cliff. Dokumen pendukung dipalsukan melalui tulisan tangannya hingga kutipan suaranya. Kemudian Cliff meyakinkan perusahaan penerbitan McGraw-Hill bahwa ia mempunyai hubungan dekat dengan Hughes. Dengan mudah Irving melakukan transaksi yang menguntungkan untuk penerbitan buku ini.

Normalnya, jika buku terbit dengan data palsu, pakar dengan segera mempertanyakan keasliannya, tetapi McGraw-Hill membela Irving. Rencana Irving berjalan begitu persuasif. Kendati sempat hampir terkuak kebohongannya, namun kepandaian Cliff memutarbalikkan fakta hingga dia bisa bermanuver untuk meminta uang lebih ke penerbit yang bernominal 1 juta $.

Kebohongan akhirnya terkuak setelah Hughes keluar dari pengasingannya dan menyatakan ia tidak pernah berhubungan. dengan Irving. Pernyataan Hughes yang disampaikan dari pemancar suaran dan disaksikan langsung melalui televisi ini memang akibat adanya pernyataan hubungan Hughes dengan Presiden Amerika yang sempat membuat ramai gedung putih. Tak hanya itu saja, Edith istrinya juga kedapatan mencairkan uang dengan identitas palsu.

Pada Akhirnya, Cliff dipidana selama 2 tahun 6 bulan, lalu Dick terkena denda 1,3 juta dollar dan istrinya dipenjara selama 1 tahun di Swiss. Setelah itu, Edith memutuskan untuk berpisah dari Cliff, dan Dick berhasil menggapai cita-citanya untuk menjadi soerang penulis yang menulis mengenai sodomi.

DIMAS EKA PRATAMA

125020207111027

Manajemen BE

About Dimas Eka Pratama

Mahasiswa tingkat akhir. Memiliki passion di dunia entrepreneurship dan marketing. Suka travelling dan blogging. Sering nulis artikel juga di http://www.blog.dimasekapratama.xyz

Posted on Oktober 4, 2013, in Film, Informasi and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: