Tips: Berbelanja Mendekati Lebaran


Marhaban ya ramadhan, sudah lama admin tidak menulis artikel terbaru di blog ini. Kali ini, admin akan membahas mengenai tips berbelanja saat mendekati lebaran idul fitri. Memasuki 10 hari pertama bulan ramadhan ini, masyarakat sudah memulai untuk berbelanja untuk keperluan lebaran idul fitri, terutama baju baru pastinya. Meskipun dalam keadaan berpuasa, kebanyakan dari mereka sangat bersemangat untuk berbelanja, terutama kaum hawa.

Berikut akan admin sebutkan tips-tips berbelanja saat mendekati lebaran:

1. Datang Lebih Pagi

Mungkin Anda bingung, mengapa harus datang lebih pagi? Yah, di saat bulan ramadhan apalagi mendekati lebaran, masyarakat akan berbondong-bondong untuk menuju ke pasar atau pusat keramaian lainnya untuk berbelanja keperluan lebaran. Jika ingin tidak terlalu ramai, datanglah lebih pagi dari masyarakat lain karena jika tidak Anda akan merasakan kekurang nyamanan dalam berbelanja. Selain itu, jika anda datang terlalu siang maka Anda akan kesulitan untuk mendapatkan tempat parkir.

2. Cari Pusat Perbelanjaan yang Menyediakan Semua Keperluan

Berbelanja di saat bulan ramadhan  selain menahan lapar dan dahaga saat siang hari, godaan yang memancing emosi seperti; tempat parkir penuh, macet, dsb. Sehingga disarankan untuk mencari dan memilih pusat perbelanjaan yang menyediakan semua keperluan yang Anda butuhkan untuk menyambut lebaran hari raya. Akses dalam satu kawasan akan memudahkan dan mengefektifkan sistem berbelanja Anda.

3. Bawa Uang Secukupnya dan Jangan Tergoda Diskon

Yah, bawa saja uang secukupnya atau kalau perlu bawa saja kartu kredit. Jika membawa uang terlalu banyak, bukan hanya menarik pencuri, tapi juga bisa membut membengkaknya pengeluaran, karena Anda berpotensi membeli barang di atas keinginan Anda. Nah penting juga diingat, jangan tergoda akan diskon yang besar-besaran. Terutama para kaum hawa yang berpotensi tertipu dengan godaan diskon, jika Anda cermat tingkat inflasi kenaikan harganya itu berbanding lurus dengan diskon yang diberika. Secara tidak sadar, Anda malah membeli barang yang relatif mahal dari biasanya, walaupun diskonnya terlihat lebih besar.

4. Awas Copet!

Mungkin anda sering mendengar, ” Di bulan ramadhan, setan dan jin dikerangkeng dalam neraka”. Hal itu rupanya tidak berlaku bagi sebagian copet, mereka tetap saja berpotensi untuk menghilangkan impian Anda untuk berlebaran karena mereka mengincar barang berharga Anda. Tetaplah waspada, karena yang namanya bahaya akan datang disaat yang tidak bisa kita perkirakan.

5. Hindari Hari Libur

Mau berbelanja di hari libur, coba pikir-pikir lagi deh! Untuk Anda yang ingin kenyamanan dalam berbelanja, alangkah baiknya menghindari hari libur. Puncaknya masyarakat berbondong-bondong menuju pusat keramaian adalah saat hari libur. Jika terpaksa harus berbelanja di hari libur, berangkatlah lebih pagi atau berangkat setelah ba’da maghrib.

6. Belanja Online

Buat Anda yang tidak suka keramaian, atau males berbelanja dipasar karena membeludaknya masyarakat yang datang menuju pasar, belanja online adalah solusinya. Saat berbelanja online, selain lebih nyaman dan rileks saat memilih barang, harganya pun tidak menjulang tinggi seperti di pasar atau tempat keramaian lainnya. Tapi, jangan berbelanja online H-10 sebelum lebaran, karena akses untuk mengirimnya akan sedikit terlambat karena ekspedisi-ekspedisi kesulitan untuk mengirimkan barang disaat menjelang lebaran.

Mungkin tips dari admin, bisa jadi bahan pertimbangan dalam berbelanja menjelang lebaran.

 

About Dimas Eka Pratama

Mahasiswa tingkat akhir. Memiliki passion di dunia entrepreneurship dan marketing. Suka travelling dan blogging. Sering nulis artikel juga di http://www.blog.dimasekapratama.xyz

Posted on Juli 21, 2013, in Opini Penulis and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: