Candi Badut, Candi Tertua di Jawa Timur yang Terlupakan


Dekama94 Blog– Malang raya memang memiliki potensi sejarah yang salah satunya berupa candi, ada beberapa candi yang ada di sekitar Malang raya diantaranya adalah Candi Singosari, Candi Jago, Candi Kidal, dan Candi Badut. Dari beberapa candi yang ada di Malang raya, Aku memilih Candi Badut lah yang sangat menarik untuk di kupas dalam Lomba Blog Wisata Sejarah yang di adakan oleh Komunitas Blogger Ngalam.


Candi Badut merupakan salah satu candi yang berada di wilayah Malang Raya, Candi ini merupakan peninggalan Prabu Gajayana yang merupakan penguasa di Kerajaan Kanjuruhan. Candi ini didirikan pada tahun 760 Masehi yang diperkirakan menjadi tertua di Jawa Timur.Candi ini di temukan oleh Maureen Brecher, Seorang yang berasal dari Belanda. Awal di temukan Candi ini tertimbun oleh tanah dan di tumbuhi oleh pohon-pohon besar yang berada di tengah sawah. Secara administratif Candi Badut berada di Desa Karangbesuki, kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Candi Badut berdiri di atas tanah 2808 m2, candi ini menghadap ke arah barat dan di kelilingi oleh gunung-gunung. Candi ini sempat di pugar 2 kali, yakni pada tahun 1925-1926 dan 1990-1991.

Saat ini, Candi Badut memiliki Pagar dan di kelilingi oleh batuan-batuan bekas runtuhan candi zaman dulu, jika di lihat dengan Indraja tempat pariwisata ini denahnya berbentuk persegi. Struktur Candi ini dibedakan menjadi 3 bagian, yakni bagian, badan, dan puncak. Candi ini berlatar agama hindu, karena di candi ini terdapat i Arca Durga Mahisasuramardini, arca Nandi, beberapa relung kosong yang seharusnya berisi arca dewa-dewa hindu, dan yang paling penting adalah Lingga-Yoni pengganti arca Siwa sebagai pusat puja saji dalam ajaran Hindu-Siwa. Di Candi ini sering di adakan upacara-upacara keagamaan bagi pemeluk agama hindu. Candi ini setiap hari di buka mulai pagi hingga sore, dengan biaya masuk GRATIS. Walaupun gratis, pengunjung di Candi ini relatif sepi. Mungkin karena fasilitas yang kurang memadai, disana hanya terdapat fasilitas 1 tempat informasi dan 1 kamar mandi. Tempat berjualan makanan, ataupun lahan parkirpun hanya seadanya tanpa ada yang menjaga.

Untuk itu, kita sebagai masyarakat Indonesia yang cinta nusantara seharusnya harus sadar betul tentang pentingnya sejarah bangsa kita, apalagi bangsa kita bangsa besar yang memiliki keragaman budaya sehingga banyak terdapat situs-situs sejarah yang seharusnya menjadi obyek wisata edukasi yang baik dan bermutu bagi para pelajar maupun para masyarakat Indonesia utamanya kota Malang. Daripada kita pergi mall tiap hari menghabiskan uang, lebih baik sesekali kita berjalan menelusuri alam, mengunjungi situs-situs bersejarah, dengan biaya yang cukup terjangkau kita bisa menemukan sensasi baru yang berupa kesejukan alam, ketentraman jiwa, pengalaman hidup, penambahan wawasan, serta refreshing otak.

Berikut adalah foto-foto saat saya, teman , dan adik saya berkunjung ke Candi Badut, kebetulan sekali tempat tinggal saya tidak jauh dari rumah, hanya berjarak 100 meter saja.







Bagi anda yang ingin kesana, mungkin bisa menemui saya untuk menjadi teman perjalanan anda!
hahahaha😀
Lomba Blog Wisata Sejarah  - 4th Bloggerngalam

About Dimas Eka Pratama

Mahasiswa tingkat akhir. Memiliki passion di dunia entrepreneurship dan marketing. Suka travelling dan blogging. Sering nulis artikel juga di http://www.blog.dimasekapratama.xyz

Posted on Januari 3, 2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. wah hebat yaa masih SMP udah nge-blog…saluttt bgt…lanjutkan! =D
    btw kampusku juga nggak jauh dari candi badut lho..tinggal “mencolot” aja udah nyampek…hehehe
    salam kenal yaa😀

  2. Lanjutkan nak..semakin dalam kamu akan semakin mengenal jati diri bangsamu. Kamu itu pewaris bangsa yg.besar,ajak teman2mu untuk memeliharanya,jangan dirusak. Oce? *dari mba_sori*

  3. Jadi ingat dulu sy kos d daerah Gasek, d halaman candi tempat kami main bola.

  4. letak tepatnya dimana ya?? ap ad bangunan candi lain di sekitar candi itu??

  5. pengen di pandu deh … soale aku ada tugas menyangkut candi badut..

  6. makasih…..mbantu bgt tuk riset saya di seluruh candi2 Jawa timur…mudah2an Januari-Maret bisa klling Jatim tuk mendata candi dan mendeskripsi pada sebuah buku. salkomksel

  1. Ping-balik: Bukti Peninggalan Hindu dan Buddha di Indonesia | salsabilastories

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: