Tips: Menghilangkan Kebosanan Menunggu Waktu Berbuka Puasa


Dekama94 Blog– Marhaban ya Ramadhan, Ahlan wa Sahlan Ramadhan. Seluruh umat muslim di seluruh dunia, saat ini berada di bulan ramadhan, bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia karena bulan suci ini hanya terjadi sekali dalam setahun. Di bulan ini, seluruh umat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa selama satu bulan untuk menantikan hari kemenangan atau sering kita sebut dengan hari raya idul fitri.

Pada saat puasa mungkin kita sering merasa bosan menunggu waktu berbuka puasa yang jika sering melihat jam terasa makin lama bahkan kita akan bosan menunggu waktu berbuka puasa jika kita hanya berdiam diri saja. Untuk itu, saya akan memberikan sedikit tips beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa ramadhan.

1. Mengaji Al Qur’an

Di bulan puasa, kita selain berpuasa juga di anjurkan untuk melakukan ibadah sunnah dan ibadah tambahan untuk menambah kekhusukan kita selama menjalani puasa di bulan suci ramadhan. Salah satu amalan baik di saat bulan ramadhan salah satunya adalah membaca kitab suci Al-Qur’an. Bulan ramadhan merupakan bulan lahirnya Al-Qur’an tepatnya 17 Ramadhan, atau barangkali anda sering dengar dengan Nuzulul Qur’an. Al-Qur’an sebagai pedoman umat muslim di dunia, kita sebagai muslim selayaknya tiap hari seharusnya membaca Al-Qur’an, tapi lebih bagus lagi apabila dilakukan saat bulan ramadhan, karena pahala yang kita dapat akan berlipat ganda. Ini merupakan salah satu aktivitas yang bisa membuat anda tidak bosan dalam menunggu waktu berbuka puasa. Sebaiknya anda melakukannya waktu setelah sholat ashar.

2. Tidur

Menurut pendapat beberapa khotib saat bersholat jum’at dan guru-guru agama saya, tidur pada bulan puasa ramadhan itu akan mendapatkan pahala. Tidur akan menjauhkan kita pada hal-hal yang mendatangkan dosa pada bulan ramadhan, sehingga jika tidak ingin terjerumus pada hal-hal yang bisa mendatangkan dosa pada bulan ramadhan maka dianjurkan untuk tidur. Tidur akan membuat waktu berjalan sedikit lebih cepat, dan setelah bangun juga akan terasa fresh di badan. Untuk itu, jika anda merasa bosan menunggu datangnya waktu berbuka, sebaiknya anda tidur agar tidak menambah dosa.

3. Jalan-Jalan ke Mall

Jalan jalan ke Mall merupakan salah satu upaya efektif untuk menunggu waktu berbuka puasa, dengan jalan-jalan ke Mall kita berasa waktu berjalan terasa cepat, karena kita terselimurkan dengan berjalan dan melihat barang-barang yang ada di mall. Cara ini sungguh sangat efektif apabila dilakukan di kota-kota besar yang memiliki mall yang besar, sehingga kita bisa saja menghabiskan 5-6 jam hanya untuk berputar-putar di mall. Berjalan di Mall juga bisa membuat badan kita sehat, karena seolah-olah kita berolahraga dengan berjalan kaki. Tapi jangan sendirian jika anda ingin memanfaatkan waktu menunggu datangnya waktu berbuka puasa, sebaiknya anda berjalan bersama keluarga, atau teman-teman terdekat anda Waktu yang tepat untuk berkunjung ke mall pada bulan ramadhan adalah setelah sholat dzuhur atau setelah sholat ashar.

4. Nonton Film

Menonton film menjadi salah satu aktivitas efektif untuk menunggu datangnya waktu berbuka puasa, kita seakan tak merasa waktu itu berjalan lama karena kita terfokus dengan cerita yang ada pada film yang kita lihat. Semakin kita suka dengan film yang kita lihat, kita bakal menonton film lagi dengan judul yang berbeda. Tapi terkadang ini membuat bosan, jika alur cerita film yang kita lihat jelek. Waktu yang tepat untuk menonton film pada bulan ramadhan adalah di siang hari.

5. Membaca Novel

Membaca merupakan aktivitas yang seharusnya sering dilakukan oleh pelajar-pelajar di Indonesia, biar mereka bisa mendapatkan ilmu yang banyak dari buku. Namun, kebanyakan pelajar suka dengan membaca novel, bukan buku pelajaran😀. Tapi dengan membaca novel, kita bisa mempertajam daya imajinasi kita terhadap kehidupan ini. Membaca novel juga bisa dijadikan sebuah aktivitas untuk menunggu datangnya waktu berbuka puasa. Saat kita konsentrasi pada bacaan kita, tak terasa waktu pun berjalan cepat. Waktu yang tepat untuk membaca novel adalah diwaktu yang senggang.

6. Bermain Game

Bermain game menjadi salah satu alternatif menunggu waktu berbuka puasa di bulan ramadhan, aktivitas ini sangat favorit terhadap anak-anak ataupun para gamer. Namun kebanyakan malah menyimpang juga, karena mereka bisa bermain game mulai waktu sahur selesai hingga waktu datangnya waktu berbuka dengan meninggalkan aktivitas penting lainnya. Setidaknya, jika ingin memanfaatkan cara bermain game sebagai aktivitas untuk menunggu datangnya waktu berbuka, lebih baik dilakukan pada siang hari dengan lama 2-4 jam saja perhari.

7. ONLINE

Online internet juga hampir sama dengan bermain game efeknya, seringkali di salahgunakan dengan mereka bisa menghabiskan waktu seharian untuk online di laptop. Ini sungguh tidak baik jika penggunaanya tidak bermanfaat, apalagi banyak content di internet yang isinya porno, dan itu dilarang untuk dilihat selama bulan puasa. Sebaiknya menggunakan internet seperlunya saja, 3-4 jam sudah lebih dari cukup untuk menggunakan internet untuk kalangan biasa.

8. Jalan-Jalan ke Tempat Penjualan Takjil

Menantikan saat menjelang berbuka puasa dengan mencari takjil memang luar biasa nikmatnya, tapi jangan sampai mokel di tempat takjil ya setelah melihat jajanan yang dijual :p. Waktu yang tepat untuk membeli takjil adalah kisaran jam 16.00 hingga waktu berbuka puasa tiba. Di sana, kita bisa menemukan banyak sekali macam-macam makanan dan minuman untuk santap kita berbuka puasa. Jika sudah berhasil mendapatkan makanan dan minuman keinginan anda, langsunglah pulang dan tunggulah adzan maghrib berkumandang😀.
Nah itu dia, 8 tips dari saya mengenai aktivitas yang bisa anda lakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa, jika anda memiliki tips lain langsung saja share di kolom komentar. See You Next Post.

DIMAS EKA PRATAMA

(@massamid)

About Dimas Eka Pratama

Mahasiswa tingkat akhir. Memiliki passion di dunia entrepreneurship dan marketing. Suka travelling dan blogging. Sering nulis artikel juga di http://www.blog.dimasekapratama.xyz

Posted on Juli 21, 2012, in Artikel, Opini Penulis and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: