Faktor- Faktor Meredupnya Ponsel Nokia


Dekama94 Blog– Nokia yang selama 14 tahun ini merajai pasar ponsel dunia, kini semakin goyah karena kalah bersaing dengan kompetitornya. Kejayaan nokia memang terasa beberapa tahun yang lalu, seluruh orang kebanyakan memakai handphone nokia, dan di etalase penjual-penjual handphone selalu terjejar barisan handphone nokia. Kini, sinar nokia semakin lama semakin redup setelah Nokia mulai dikudeta oleh Samsung dan Apple.



Nokia pun disarankan terus membuat produk yang populer agar bisa bertahan. Jika tidak, Nokia pun akan kehilangan pasarnya di negara berkembang.

Setelah berjaya selama 14 tahun, kuasa Nokia di pasar ponsel cerdas mulai disalip Samsung di kuartal pertama tahun ini. Ini terbilang mengejutkan, karena sebelumnya Samsung baru memperlihatkan perannya di pasar ponsel cerdas, saat bersaing dengan Apple iPhone.

Apple memang berhasil mencuri perhatian saat memperkenalkan iPhone. Tapi iPhone hanya mengantar Apple bermain di pasar smartphone. Nokia terkesan masih berjaya di ponsel fitur.

Tapi kenyataannya, sinar Nokia juga meredup di ponsel fitur. Padahal selama ini ponsel fitur masih menjanjikan keuntungan, terutama di negara berkembang.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan sinar nokia semakin meredup di pasar handphone yang di ambil dari vivanews.com
Nokia terlalu lamban

Nokia merupakan pionir dalam memperkenalkan pasar smartphone dengan peluncuran Seri Symbian pada 2002. Tapi, selama lima tahun OS ini mengalami kendala meraih posisi puncak di pasar.

Ketika 2007, Apple mengenalkan iPhone. Tapi, Nokia terlambat merespons iPhone hingga beberapa tahun. Platform Symbian tampak menua dibanding kesegaran iOS dan Android. Pasar smartphone meledak dengan permintaan konsumen meningkat dibanding ponsel yang mengandalkan browser WAP.

“Nokia seharusnya merespons Apple dengan lebih cepat. Mereka tidak melompat ke Windows Phone hingga 2011. Sekarang mereka menderita karena keterlambatan ini,” ujar analis senior IHS.

Total pengapalan Nokia dibanding Samsung Q1 2012

Android untung, Windows Phone buntung

Samsung sudah menggenjot dengan kecepatan tinggi bersama Android. Kini mereka menjajal pula “makanan” baru Nokia, Windows Phone. Nokia masih harus menunggu Windows Phone memberikan keuntungan yang signifikan.

“Samsung memilih Android pada waktu yang tepat. Karena Samsung telah menjadi pemain dominan di ranah Android, mereka dapat mendaki platform lain yang naik daun,” urai analis Strategy Analytics, Alex Spektor.

Atas dan bawah terluka

Nokia lambat merangkul pasar smartphone. Perusahaan yang dikomandoi Stephen Elop ini tidak mengantisipasi kompetisi pada pasar kelas menengah ke bawah. Vendor Cina dan Taiwan seperti HTC, Huawei, dan ZTE memukul dari bawah dengan target negara berkembang.

Generasi tua

Nokia membawa nostalgia game Snake pada seri klasik. Sayangnya, konsumen di negara berkembang telah mengasosiasikan Nokia dengan teknologi zaman dulu. Saat ini, dunia menginginkan perangkat terbaru dan tercanggih.

“Nokia menjadi merek tua. Samsung dilihat sebagai inovator. Nokia memiliki warisan game tradisional Brick dan ponsel candybar,” Lam dari IHS.

Organisasi berseri

Apple telah mengatur rilisan ponselnya di bawah payung merek iPhone. Samsung mengadopsi gaya ini dengan seri Galaxy andalan, Samsung Galaxy S. Konsumen menunggu produk terbaru dari seri ini.

Eksekusi Nokia terseok beberapa tahun ini. Pada 2011, Nokia baru kembali dengan Windows Phone. Analis yakin Nokia nanti bisa sukses bersama Microsoft.

Lam percaya apabila Nokia sanggup memangkas pengeluaran dan fokus menata perusahaan, maka dalam jangka pendek mereka dapat bertahan.

Source: http://teknologi.vivanews.com/news/read/308862-lima-alasan-ponsel-nokia-jadi–sampah-, http://teknologi.vivanews.com/news/read/308784-dominasi-nokia-di-negara-berkembang-luntur

About Dimas Eka Pratama

Mahasiswa tingkat akhir. Memiliki passion di dunia entrepreneurship dan marketing. Suka travelling dan blogging. Sering nulis artikel juga di http://www.blog.dimasekapratama.xyz

Posted on April 30, 2012, in Informasi, Teknologi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: