EL CLASICO versi Indonesia “Persib Bandung vs Persija Jakarta”


Dekama94 Blog– El Clasico memang indentik dengan pertandingan antara Real Madrid VS Barcelona, daya tarik untuk menonton pertandingan tersebut memang luar biasa. Bahkan masyrakat di dunia pun sangat menantikan pertandingan ini setiap musimnya, selain berjalan seru, keras, dan kadang terjadi adu tegang antar pemain, ini membuat atmosfer pertandinganmu semakin panas. Sederet pemain-pemain timnas dan mantan timnas bernaung di kedua klub tersebut dan juga sederetan pemain-pemain muda berbakat. Tak hanya itu, atmosfer lain juga cukup sinergik yakni Suporternya, kedua suporternya memang saling bermusuhan, namun kalo sudah laga el clasico stadion penuh dengan ribuan suporter yang ingin menyaksikkan laga elclasico.

Jika di Spanyol ada laga el clasico yang mempertemukan antara Barcelona vs Real Madrid, di Indonesia ada pertandingan el clasico versi Indonesia yakni pertandingan antara Persib Bandung vs Persija Jakarta.

Pertandingan super bigmatch Indonesia Super League antara Persib Bandung vs Persija Jakarta atau sebaliknya Persija Jakarta vs Persib Bandung memang terasa berbeda dengan pertandingan Indonesia Super League lainnya, mengapa berbeda?
Karena pertandingan ini memang kental dengan adu gengsi antar klub yang sudah asam garam di dunia persepakbolaan indonesia, mulai zaman perserikatan hingga sekarang. Konflik antar dua suporter dari masing-masing klub sering membuat pertandingan ini semakin memanas. Kedua klub sama-sama memiliki pemain-pemain berkualitas mulai dari pemain timnas junior, pemain timnas senir hingga mantan timnas sama-sama bermain untuk meraih kemenangan untuk menjaga nama baik klub yang dibelanya.

Kedua klub memiliki suporter fanatik dan memiliki animo yang tinggi saat klubnya bermain di kandangnya, apalagi saat pertandingan El Clasico ini berlangsung, ribuan orang suporter pun berdatangan ke stadion hingga terkadang melebihi jumlah maksimal tempat duduk penonton di stadion.

Di saat pertandingan kemarin yang mempertemukan kedua tim Persib Bandung vs Persija Jakarta, stadion terisi penuh dan pertandingan sempat dihentikan karena beberapa penonton meluber ke suntle ban, jelas ini tidak diperbolehkan oleh panpel pertandingan, karena dapat membahayakan bagi para pemain yang berlaga di lapangan. Sekitar seratus ribu bobotoh hadir di stadion, namun hanya sekitar 35.000 penonton yang bisa masuk, sisanya melihat di luar stadion. FANTASTIS!

Bobotoh memang tak henti-hentinya mendukung Persib Bandung saat berlaga di lapangan, apalagi saat laga el clasico penonton yang hadir memang cukup fantastis. Namun, aku sangat menyesalkan aksi dari bobotoh saat mencomooh Aremania, aku sebagai Aremania pun sangat kecewa, suporter sebesar Bobotoh masih saja melantukan kata-kata rasis. Tapi namanya suporter Indonesia, kagak konflik ya kagak Seru! :p

Tak maw kalah dengan Spanyol, di Indonesia juga ada yang namanya El Clasico antara Persib Bandung vs Persija Jakarta. Pertandingan ini memang sangat di tunggu-tunggu oleh para penonton di seluruh Indonesia, selain keras, panas, juga adu gensgsi antar klub dan juga suporternya.

About Dimas Eka Pratama

Mahasiswa tingkat akhir. Memiliki passion di dunia entrepreneurship dan marketing. Suka travelling dan blogging. Sering nulis artikel juga di http://www.blog.dimasekapratama.xyz

Posted on Januari 31, 2012, in Artikel, Opini Penulis and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. VIKING anti Aremania janc*k

    arewaria….. bkn aremania !
    siapa bilang Indonesia arema anji*g
    indonesia milik VIKING & BONEK
    yang bilang Indonesia arema anji*g
    itu orang yang ga pernah sekolah

    dr : VIKING Tangerang Frontline Garis Keras

    salam biru dr Bandung

  2. gak slah postingan ini memang benar… tapi ada satu yg pnulis prlu tahu.. SMUA VIKING PSTI BOBOTOH TP TAK SEMUA BOBOTOH ITU VIKING kami lbih bijaksana tak kmpungan sprti mreka V** adlh boneka dri segelintir atau untuk sesuatu kpntingan saja bukan fanatisme, salam ABCD=Anak Bandung Cinta Damai, kami RESPECT AREMA, PERSIJA DLL krna smua merah putih. kita lbih brfikir positif dan tidak brfikiran sempit itu yg mmbedakan. haturnuhun..

  3. THE JAK ITTU ANNJING…

    SalAm sAtU nYaLi vIkInG BoNeX sAlAwAsNa thE jAcK aNjInX dHiE bnUh sJa…:)

  4. yg anjing tuh The jack
    viking tuh bukan anjing yg anjing jackblay

  5. THE JACK ANJING
    THE JACK NYALIMU TAK SEHEBAT OMONGANMU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: