Suaraku : Pertandingan Indonesia vs Malaysia di Sea Games 2011


Harimau Malaya Taklukkan Garuda Muda di Kandang Garuda


Pertandingan memang lebih banyak ditonton dibanding pertandingan Timnas Senior 2 hari yang lalu yang takluk dari Iran 1-4. Pertandingan hari ini yang menyajikan Super Big Match yang mempertemukan Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Malaysia U-23 Sea Games 2011 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Sekitar 70.000 pasang mata hadir langsung di stadion kebanggan rakyat Indonesia ini mengingat pertandingan ini mempunyai  isyarat gengsi yang cukup tinggi dengan tingkat sentimenisasi yang besar antar negara yang saling bertetangga ini. Coach RD memang mencoba untuk merotasi beberapa pemain setelah pertandingan sebelumnya berhasil menumpaskan Thailand dan memastikan diri melaju ke semifinal dengan mengganti sekitar 5 pemain inti dan digantikan dengan pemain-pemain yang sebelumnya sering di bangku cadangkan. Dengan harapan tidak kalah, dan berhasil menjadi Juara Grup A agar tidak bertemu dengan lawan yang cukup sulit yakni Vietnam yang berhasil menjadi Grup B, Indonesia menampilkan komposisi pemain yakni :

Kiper : Andritany Adhyasa

Belakang : Gunawan Dwi, Septia Hadi, Yericho, Hendro Siswanto.

Tengah : Dirga Lasut, Ramdani Lestaluhu, Lucas Mandowen, Ferdinand Sinaga.

Depan : Tibo, Yongki Aribowo.

Di awal babak pertama, Indonesia sering berada dalam tekanan Malaysia walaupun position Ball berpihak pada Indonesia. Serangan Indonesia pun lebih banyak mengandalkan umpan-umpan lambung yang sangat mudah di antisipasi oleh pemain belakang Malaysia yang berbada tinggi besar. Keadaan ini membuat Malaysia berkali-kali berhasil membahayakan gawang Timnas Indonesia U-23 melalui sang elkapitanonya. Malaysia berhasil menggungguli Indonesia pada menit ke 17 setelah Syahrul berhasil mengeco Andritany Adhyasa. Malaysia pun unggul 1-0 atas Indonesia. Permainan Indonesia pun masih saja lemah pada babak pertama ini, walaupun timnya sedang tertinggal. Tibo pun terlihat kehilangan tandemnya yakni Okto dan Patrich Wanggai sehingga permainannya yang berduet dengan Yongky sangat mudah di halau oleh barisan pertahanan Malaysia. Begitu pula dengan Yongky Ariwibowo yang sering melakukan kesalahan-kesalahan sendiri. Hingga pertandingan babak pertama berakhir, Indonesia masih tertinggal 1-0.

Di awal babak kedua, Indonesia mencoba untuk bisa mencetak gol cepat dengan langsung bermain ofensif di menit-menit awal babak kedua. Serangan dari tengah dengan umpan lambung ke Tibo hampir saja merobek gawang Malaysia, namun bola masih melayang di sisi kanan gawang Malaysia. Beberapa kali serangan Indonesia di menit-menit awal babak kedua ini membahayakan gawang Malaysia, namun keberuntungan masih belum memihak pada Timnas Indonesia U-23. Malaysia pun hanya melakukan beberapa kali serangan yang memanfaatkan serangan balik yang cepat. Masuknya Diego, Egy, dan Okto membuat serangan Indonesia menjadi sedikit dominan, namun masih saja permasalahan di penyelesaian akhir membuat Indonesia masih belum bisa menyamakan kedudukan. Hingga babak kedua berakhir skor masih tetap 0-1 untuk keunggulan Malaysia.

Kesimpulan dari saya : Permainan Indonesia pada pertandingan antara Indonesia vs Malaysia ini cukup bagus, namun keberuntungan masih belum berpihak pada Indonesia. Kosentrasi pemain di pertandingan kali ini memang sedikit menurun di bandingan dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya, sering kehilangan bola, sering salah umpan. Mungkin karena ada beberapa posisi yang di rotasi membuat permainan tidak padu. Dengan hasil ini, Indonesia akan bertemu Vietnam pada pertandingan semifinal Sea Games 2011, semoga Indonesia bisa berhasil menjadi yang terbaik.

#GO FOR GOLD

About Dimas Eka Pratama

Mahasiswa tingkat akhir. Memiliki passion di dunia entrepreneurship dan marketing. Suka travelling dan blogging. Sering nulis artikel juga di http://www.blog.dimasekapratama.xyz

Posted on November 17, 2011, in Artikel, Opini Penulis and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: