Tourism : Mengenal “Pulau Komodo”


Dekama94 Blog– Akhir-akhir ini rakyat Indonesia diramaikan dengan pemilihan 7 keajaiban dunia baru atau sering kita kenal dengan nama New7Wonder. Salah satu kandidatnya yang berasal dari Indonesia adalah Pulau Komodo, pulau yang  berada di pulau di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau ini di samping dikenal dengan keindahan pantainya juga dikenal sebagai habitat asli hewan Komodo, binatang melata yang besar ini memang saat ini salah satu hewan yang sangat langka di dunia sehingga dibuat tempat penangkaran yang berada di Pulau Komodo yang meruapakan kawasan Taman Nasional Komodo.


SEJARAH
Pada tahun 1910 orang Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Cerita ini berawal dari Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut. Steyn lantas membunuh seekor komodo tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti. Tubuhnya yang besar dan memberikan image menakutkan saat melihat binatang yang satu ini, sehingga mereka populer di kebun binatang.

Komodo adlh hewan asli Kepulauan Flores, Nusa Tenggara. Pulau yg plng banyak ditempati Komodo ini diberi nama sesuai dengan nama hewan ini saat ditemukan pada 1910, yakni Pulau Komodo (Komodo Island).

Kadal-kadal Raksasa ini termasuk hewan yg nyaris punah dgn jmlah populasi di alam liar kurang dari 4.000 ekor. Untuk melindungi Komodo, pada 1980 disepakati untuk membentuk kawasan konservasi dlm bentuk Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Sebaran dan populasi Komodo dlm tiga dasawarsa terakhir ini smakin menurun dan keberadaannya smakin terancam, terutama akibat kegiatan perburuan rusa, sbgai mangsa utamanya. Bhkan populasi di Pulau Padar diketahui tlh hlang sjak akhir 1990-an, pdhal pda awal tahun 1980-an, Komodo msih dpt dijumpai di sana. Perhatian dan upaya konservasi spesies ini prlu diberikan scra khusus, krn populasi Komodo diambang kepunahan.

Bagi sebagian penduduk di Pulau Komodo, hewan ini dianggap lbh berbahaya terhadap manusia daripada buaya, krn kandungan bakteri pda air liurnya yg dpt menyebabkan infeksi berat.

Biasanya, musim kimpoi Komodo terjadi antara Juni-Juli. Pda Agustus, komodo betina akan menggali sarang brupa gundukan bekas sarang burung Gosong (Megapodius reindwardt) di bukit dan sarang lubang di tanah, untuk menyimpan telurnya yg dpt mencapai 38 butir. Telur Komodo biasanya dijaga oleh induknya, namun anak yang baru lahir pada bulan Februari atau Maret tidak dijaga, malah sering dimakan.Komodo membutuhkan lima tahun untuk tumbuh sampai ukuran dua meter dan dapat terus hidup sampai 30 tahun. Memasuki 4-5 tahun adalah masa awal kematangan komodo secara seksual.

TERPILIH MENJADI SALAH SATU KEAJAIBAN DUNIA

Pulau Komodo yang merupakan salah satu kontestan dalam ajang new7 wonders atau pemilihan 7 keajaiban dunia baru untuk di vote oleh masyarakat sendiri dengan cara memberikan sm, pemollingan sendiri di tutup pada 11 November 2011. Akhirnya, Pulau Komodo berhasil menjadi salah satu keajaiban dunia dalam hal alam bersama ke-6 tempat yang lainnya diantaranya

    The Provisional New 7 Wonders of Nature
AMAZON HALONG BAY IGUAZU FALLS JEJU ISLAND PUERTO PRINCESA UNDERGROUND RIVER TABLE MOUNTAIN

Dengan hasil ini, Indonesia kemungkinan akan mendapatkan pendapatan baru dari sektor pariwisata untuk menambah devisa negara dengan terpilihnya Pulau Komodo menajadi new7wonders pada tahun ini. Pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini bakal menjadi ikon baru bagi dunia pariwisata di Indonesia karena banyak tourist domestik maupun mancanegara yang penasaran dengan keindahan pulau komodo dengan hewan langkanya yakni Komodo yang berhasil menjadi new7wonders.

Semoga Pariwisata di Indonesia, makin Maju!
AYO INDONESIA BISA!!!

Source: dari segala sumber

About Dimas Eka Pratama

Mahasiswa tingkat akhir. Memiliki passion di dunia entrepreneurship dan marketing. Suka travelling dan blogging. Sering nulis artikel juga di http://www.blog.dimasekapratama.xyz

Posted on November 12, 2011, in Informasi, Nasional, Tourism and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Pemerintah seharusnya paham bahwa wisata juga bisa membuat bangsa ini terkenal, selain itu dapat mendatangkan devisa dari turis asing yang masuk. Jangan baru ada even baru heboh.

  2. congratulation ya..bwt pulau komodo yang menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru.
    sebagai anak bangsa saya ikut bangga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: