Profil : Persisam Samarinda


Dekama94 Blog– Kontestan Indonesia Super League asal Kalimantan Timur, Persisam Samarinda yang berhasil promosi ke Indonesia Super League pada musim 2009/2010 setelah berhasil menjadi Juara Divisi Utama musim 2008/2009 setelah mengalahkan Persema Malang pada laga final yang dihelat di stadion utama, Kalimantan Timur.


Sejarah Persisam Samarinda

Persisam Putra Samarinda (Persatuan Sepak Bola Indonesia Samarinda) merupakan klub sepakbola professional yang berasal dari Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Persisam Putra Samarinda merupakan gabungan dari dua klub di Samarinda yakni tim eks Perserikatan yakni Persisam dengan tim dari Galatama yakni Putra Smarinda.
Kiprah kedua tim satu kota dengan beda pengelolaan (Persisam didanai Pemkot Samarinda sedangkan Pusam pihak swasta) di kancah sepakbola nasional terbilang lumayan. Terlebih Pusam saat berlaga di Galatama karena mendapat sokongan dana dari pengusaha lokal. Sayang sejak kompetisi semi-profesional ini dilebur dengan Perserikatan dan menjadi Liga Indonesia, tim ini pun mati suri.

Sedangkan Persisam yang didanai APBD Kota Samarinda, masih bisa terus eksis. Hanya saja, prestasi tim ini sempat melempem hingga akhirnya terlempar ke divisi dua pada musim 2002/2003. Barulah pada dua musim berikutnya, tim ini kembali bangkit. Terlebih setelah melakukan penggabungan dengan Pusam dan menjadi Persisam Putra Samarinda.

Penggabungan inilah yang membuat Persisam Putra Samarinda semakin menampilkan taringnya di kompetisi sepakbola Indonesia. Proses merger ini memang berbuah manis. Prestasi tim berjuluk “Elang Borneo” kembali melejit. Masuk empat besar divisi dua pada musim 2005 dan promosi ke divisi satu, tim ini hanya dua musim di level kedua dan menembus divisi utama musim 2007, kasta tertinggi kala itu, dengan menempati peringkat ketiga klasemen akhir.

Hebatnya, sebagai tim promosi di divisi utama tidak membuat prestasi tim ini terhenti. Tampil konsisten sepanjang musim mengantarkan mereka menjuarai divisi utama dan mengantongi tiket promosi ke Superliga 2009/10, kompetisi profesional yang merupakan kasta tertinggi sepakbola nasional saat ini.

Stadion Home Base

Stadion Segiri Samarinda

Suporter
Pusamania

Info Lengkap Tentang Pusamania Klik disini

Website Resmi Klub : Website Persisam

Source: http://sepakbola.showbiznotes.net/profil-sejarah-dan-prestasi-persisam-putra-samarinda/

About Dimas Eka Pratama

Mahasiswa tingkat akhir. Memiliki passion di dunia entrepreneurship dan marketing. Suka travelling dan blogging. Sering nulis artikel juga di http://www.blog.dimasekapratama.xyz

Posted on Mei 18, 2011, in Profil and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: