Profil : Arema Indonesia


Dekama94 Blog– Kali ini, aku akan memposting profil dari satu-satunya klub di Indonesia yang aku idolakan yaitu tim Arema Indonesia, tim yang bermarkas di kota Malang ini merupakan salah satu tim kuat di Indonesia. Mengapa aku mengidolakan Arema Indonesia, karena memang aku berasal dari kota Malang, tak ada seorang pun orang asli Malang yang tidak mengidolakan Arema Indonesia. Arema Indonesia mempunyai suporter fanatik dan terkenal di Indonesia, namanya adalah Aremania.


Sejarah Berdirinya Arema Indonesia
Arema Indonesia adalah sebuah klub sepak bola yang berada di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Arema didirikan pada 11 Agustus 1987, Arema mempunyai julukan “Singo Edan” . Mereka bermain di Stadion Kanjuruhan dan Stadion Gajayana. Arema Indonesia memiliki suporter atau fans tim berjuluk Aremania. Aremania tidak hanya berada di wilayah Malang Raya, tapi sudah menyebar di Indonesia dan dunia. Mereka memiliki fanatisme dan loyalitas yang tinggi dalam memberikan motivasi kepada timnya. Aremania juga menjadi bagian penting sebagai media berpromosi, sekaligus potensi pengembangan bisnis. Aremania juga menjunjung tinggi sportifitas, hingga dinobatkan sebagai kelompok supporter terbaik di Indonesia oleh PSSI ( Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).

Pendiri Arema adalah almarhum Mayjen TNI ( Purn) Acub Zainal, seorang jenderal yang kebetulan menjabat pengurus administrator Galatama dan Ketua III PSSI era Ketua Umum Syarnubi Said. Acub tertarik mendirikan sebuah klub, setelah bertemu dengan Ovan Tobing, Humas Persema ( Persatuan Sepakbola Malang) – klub sepak bola yang dibiayai Pemerintah Kota Malang, untuk menonton laga Persema lawan Perseden Denpasar era tahun 80-an di Stadion Gajayana. Penonton saat itu memenuhi tempat duduk Stadion Gajayana Malang. Melihat antusiasme penonton, Acub minta Ovan Tobing mendirikan sebuah klub bola.

Bersama putera Sang Jenderal, Lucky Acub Zainal, Ovan Tobing serius mendirikannya. Untuk mendapatkan sejumlah pemain, keduanya bertemu dengan Dirk “Derek” Sutrisno (Alm), pendiri klub Armada ‘ 86, sebuah klub sepak bola lokal yang kebetulan sedang dihimpit kesulitan dana, namun memiliki sejumlah pemain yang cukup tangguh. Lantas, Acub Zainal bersama putranya mengambil alih dan berusaha menyelamatkan Arema`86 supaya tetap survive. Setelah diambil alih, nama Arema`86 akhirnya diubah menjadi Arema dan ditetapkan pula berdirinya Arema Galatama pada 11 Agustus 1987 sesuai dengan akte notaris Pramu Haryono SH–almarhum–No 58. Dari pendirian bulan Agustus itu muncul ide membuat logo tim, dipilihlah simbol Singa yang identik dengan Leo sesuai horoscop bulan kelahirannya.

Asal Usul Nama Arema

Konon nama Arema, kali pertamanya muncul dalam legenda kidung Harsawijaya yang menuliskan kisah sepak terjang Patih Kebo Arema saat Kerajaan Singosari diperintah Raja Kertanegara. Singosari kini menjadi salah satu nama kecamatan di wilayah Kabupaten Malang.

Patih Kebo Arema, merupakan abdi kerajaan Raja Kertanegara yang menumpas pemberontakan Kelana Bhayangkara, seperti tertuang dalam tulisan kidung Panji Wijayakrama, termasuk menghancurleburkan upaya pemberontakan Cayaraja seperti ditulis dalam Kitab Negarakertagama.

Patih Kebo Arema, juga berperan aktif dalam perluasan wilayah Raja Kertanegara, bersama Mahisa Anengah, Kebo Arema berhasil menaklukkan Kerajaan Pamalayu yang berpusat di Jambi Sumatera Selatan, termasuk berhasil menguasai Selat Malaka. Sayang, sejarah tentang semangat Kebo Arema tidak terdokumentasi dengan apik.

Dekade tahun 80-an, kembali muncul trend sebutan kebanggaan nama Arema. Sampai saat ini, belum diketahui asal usul nama tersebut, juga apakah menurut sejarah Kebo Arema. Namun, Arema seakan saat itu menjadi identitas, yang merupakan kepanjangan singkatan dari Arek Malang. Nama Arema dalam perjalanannya hingga kini, menjadi ikon atau identitas bersama masyarakat Malang Raya. Namun, pada era kepelatihan Robert Rene Albert, pelatih asal Belanda ini berani mengganti nama Arema Malang menjadi Arema Indonesia. Hingga sekarang nama Arema Indonesia masih menjadi nama klub.

Suporter

AREMANIA


Info Mengenai Aremania klik disini

Stadion Home Base
Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang


Prestasi dan Penghargaan

Prestasi

* 1992 Runner up Piala Galatama
* 1992/1993 Juara Galatama XII
* 2004 Juara Divisi Satu Liga Indonesia
* 2005 Juara Piala Indonesia
* 2006 Juara Piala Indonesia
* 2007 Arema Junior Juara Liga Remaja Nasional Piala Soeratin U-18
* 2008 Runner Up Piala Gubernur Jatim
* 2009/2010 Juara Liga Super Indonesia
* 2010 Runner Up Piala indonesia

Penghargaan

* 2006 Tabloid Bola Best Team Award
* 2007 Tabloid Bola Best Team Award

Website Resmi Klub : Arema FC

Source: http://aremafc.com

About Dimas Eka Pratama

Mahasiswa tingkat akhir. Memiliki passion di dunia entrepreneurship dan marketing. Suka travelling dan blogging. Sering nulis artikel juga di http://www.blog.dimasekapratama.xyz

Posted on Mei 17, 2011, in Profil and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. kapan arema bisa kayak dulu lagii
    aq merindukan arema yang dulu
    arema yang kompak semangat
    bisa jadi juara dan bisa mngalah kan tim tangguh sperti persipura ….
    aq brharap musim depan arema lebih maju dan bisa jadi juara seperti tahun lalu

  2. Semoga Arema Indonesia tetap Jaya…

  1. Ping-balik: MY LIFE » Blog Archive » Arema Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: