Film : Linimassa 2 “Rakyat Indonesia Bisa!”


Film Linimassa 2 merupakan film dokumenter yang menggambarkan gerakan sosial publik di ranah online maupun offline yang membuat warna dalam dunia media. Kali ini, saya berkesempatan untuk menonton Film Linimassa 2 garapan sutradara Dandhy Dwi Laksono (@dandhy_laksono) bersama @bloggerngalam di Inggil Resto pada Sabtu, 3 November 2012. Acara ini dimulai sejak pukul 19:00 dengan diikuti oleh beberapa komunitas yang berada di regional malang seperti NBC Malang, Kaskus regional Malang, Komunitas Tumblr Malang, kuliner malang, dsb.

REVIEW FILM

Film ini di awali dengan cerita dari indonesia timur tepatnya di pulau Ambon.  Di Ambon terjadi beberapa konflik yang membuat keadaan disana sungguh sangat tidak kondusif. Berikutnya, ada beberapa cerita dari yogyakarta dimana disana terdapat sebuah desa yang bernama “Desa Cyber”, 90% dari keseluruhan warga di desa tersebut pengguna internet. Siskamling menjadi tempat tongkrongan yang representatif karena disana tersedia fasilitas komputer dan internet, industri rumahan kain batik juga dipasarkan melalui website, facebook, dan twitter oleh salah satu warga desa cyber. Lalu ada cerita dari sebuah desa di kawasan jawa tengah, walaupun tempatnya terpencil namun mereka memiliki website sendiri bahkan selalu update berita mengenai desa tersebut. Ada juga cerita dari daerah Nusa Tenggara Barat yang membuat siaran radio dengan menggunakan peralatan seadanya. Dalam film ini juga ada sebuah cerita mengenai seorang nenek yang masih aktif untuk online, walaupun usianya sudah tak muda lagi.

TESTIMONI

Awal, saya mencoba untuk memberikan masukan kepada film ini agar di film linimassa 3, coba untuk mencari sebuah kejadian yang berasal dari daerah Papua. Papua merupakan daerah yang jarang sekali terekspos mengenai hal-hal seperti yang digambarkan dalam film linimassa2, karena kita tahu papua merupakan daerah yang dihuni oleh sebagian rakyat yang sangat primitif dan hampir jauh dari pembangunan serta sering adanya konflik.

Film Linimassa ini menggambarkan kepada kita, jika internet sangat memberikan dampak yang positif terhadap perubahan dinamika masyarakat. Internet memang mempunyai 2 dampak, dampak positif dan dampak negatif. Namun dampak positif lah yang paling banyak dapat dirasakan oleh masyarakat yang menjadi pengguna aktif di internet. Jika ada merasa internet itu sebagai dampak negatif, buang jauh jauh pemikiran tersebut. Masyarakat Indonesia sejatinya merupakan masyarakat yang haus akan perkembangan teknologi, lihatlah saja pengguna facebook, twitter, dan blogger dari Indonesia trafficnya terus meningkat. Namun disayangkan, masyarakat Indonesia hanya sebagian kecil  saja yang dapat memanfaatkan internet tersebut untuk hal yang menguntungkan, sebagian besar malah memanfaatkan intenet sebagai ajang nge-status/tweet penggalauan, nge-bokep, nge-gosip, nge- upload foto-foto pribadi, dll. Banyak manfaat internet yang menguntungkan masyarakat, jika masyarakat mau belajar untuk menjadi pengguna internet sehat.

Film Linimassa 2 ini menurut saya bukanlah film yang menginspirasi melainkan sebagai bahan renungan untuk bangsa Indonesia. Indonesia memiliki banyak sekali potensi untuk menjadi sebuah bangsa yang besar dan makmur, namun dalam prosesnya masih saja banyak hambatan yang ditemui, yang paling mencenagkan adalah KORUPSI. Korupsi di Indonesia sungguh luarbiasa, bahkan pelakunya adalah para pemimpin bangsa yang dipilih rakyat padahal semestinya mereka memegang amanah rakyat akan tetapi malah menjadi pengambil harta rakyat. Jika saja korupsi bisa dikurangi, dan para pemimpin sadar akan pentingnya memajukan negara ini, mungkin orang-orang yang terdapat di desa pedalaman itu bisa didanai untuk meningkatkan kinerja mereka.

Saya sangat mengapresiasi orang-orang yang ada di dalam film linimassa2, mereka mampu membuat sebuah perubahan dalam hidupnya untuk meningkatkan kemampuan mereka walaupun dengan keadaan yang seadanya. Mereka adalah orang-orang hebat, hal itu membuktikan jika “Rakyat Indonesia Bisa!”.  Perlu adanya peran pemerintah untuk mengembangkan potensi-potensi yang telah ada untuk nantinya bisa membuat rakyat tidak lagi kesulitan dalam hal mengembagkan usaha mereka. Film Linimassa2 ini juga menjadi sentilan bagi pemerintah, sekarang masyarakat bisa tahu jika pemerintah tak becus dalam mengembangkan potensi yang ada di daerah pedalaman.

Pesan-pesan

Terdapat banyak pesan yang dapat saya ambil setelah melihat film linimassa 2 ini, di antaranya :

1. Jangan terlalu percaya dengan media-media televisi Indonesia yang kadang malah memutarkan balikkan fakta karena sebagian ada unsur politiknya.

2. Manfaatkan internet sebagai hal yang membuat kita menjadi suatu hal yang bermanfaat. Gunakan social media dengan sehat, bahkan kalau bisa buat social media untuk menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.

3. Tidak ada perbedaan tua ataupun muda untuk menggunakan internet, semua memiliki hak untuk menggunakan internet.

4. Jangan anggap remeh peran blogger, ingatlah jumlah wartawan dan blogger 1:100.

5. Tanpa uang dan peralatan canggih, kita bisa membuat perubahan dalam hidup.

6. Desa itu harus eksis, tanpa eksis potensi desa kita tidak akan diketahui oleh banyak orang. Jika kita bisa mengeksplore potensi desa melalui internet bukan tidak mungkin desa kita bakal menjadi desa yang dikenal masyarakat luas.

7. Rakyat Indonesia Bisa!

 

                                                                                                                                                                                           DIMAS EKA PRATAMA

 

About these ads

About Dimas Eka Pratama

Orang asli Malang yang bercita-cinta ingin menjadi seorang pengusaha terkenal. Saat ini, memiliki hobby menulis di dalam dunia maya dan memiliki impian menerbitkan buku. Ingin lebih mengenal penulis, klik http://www.dimasekapratama.com

Posted on November 7, 2012, in Film, Informasi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 854 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: