Mengenal Mobil ESEMKA, Mobil Buatan Pelajar SMK yang Akan Menjadi Proyek Nasional


Dekama94 Blog- Mobil ESEMKA terdengar sangat santer di tayangan televisi anda dalam minggu ini, setelah Walikota Surakarta, Joko Widodo menggunakan mobil buatan anak bangsa ini sebagai kendaraan resmi dinasnya. Mobil ESEMKA juga sangat diburu oleh masyarakat, apalagi oleh para pejabat-pejabat tinggi negara. Selain harga lebih murah daripada buatan luar negeri, pesona karya anak bangsa sendiri menjadikan para penggunanya akan menjadi bangga dengan menggunakan mobil ESEMKA.



Mobil Esemka tengah diidamkan masyarakat sebagai calon mobil nasional ke depannya. Dalam sejarahnya kendaraan roda empat itu diciptakan dari hasil karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sampai nama SMK pun melekat pada produknya.

Esemka sendiri lahir di Tahun 2009 melalui program nasional Direktorat Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan Nasional yang menunjuk lima SMK sebagai pelopor pembuatan. Yakni SMK 1 Singosari, SMK 6 Kota Malang, SMK 10 Kota Malang, SMK 4 Kota Malang, dan SMK Muhammadiyah II Magelang.

Kelima SMK ini mendapatkan tugas merakit kendaraan roda empat dengan bahan baku yang tersedia, masing-masing SMK itu merakit mobil dengan bahan baku engine sama berkekuatan 1.500 cc yang berasal dari SMK Cilincing.

Bahan baku itu kemudian dirakit dengan rangka mobil yang berbeda, khusus SMK 1 Singosari hasil perakitan itu diberi nama esemka digdaya dan Rajawali.. Keberhasilan perakitan embrio mobil nasional ini kemudian diadopsi ke seluruh SMK lain di Indonesia. Esemka yang berhasil merakit engine dengan body mobil sesuai yang diingini juga diberikan kebebasan memberikan nama pada hasil produknya. Produk ini diberi nama esemka karena yang merakit adalah pelajar SMK yang berada di Indonesia, jadi mobil nasional hasil karya siswa SMK ini akan melekat tanpa satu sekolah pun bisa mengklaim sebagai pihak yang menciptakan.

Semoga ini menjadi awal dari perkembangan ekonomi Indonesia untuk menjadi salah satu negara produsen mobil sendiri, jadi kita tidak usah mengimport mobil-mobil dari pihak asing dan lebih mengutamakan produksi bangsa sendiri!

About these ads

About Dimas Eka Pratama

Orang asli Malang yang bercita-cinta ingin menjadi seorang pengusaha terkenal. Saat ini, memiliki hobby menulis di dalam dunia maya dan memiliki impian menerbitkan buku. Ingin lebih mengenal penulis, klik http://www.dimasekapratama.com

Posted on Januari 5, 2012, in Informasi, Nasional and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. good job esemka!!!!!
    semoga produksimu bisa bersaing di dunia automotive, sukses all esemka

  2. semoga indonesia tidak hanya jadi sasaran pasar, tapi ikut meramaikan pasar dengan produk2 otomotifnya

  3. zaman nya mobnas neh sukses lah buat anak esemka….

  4. bagus bagus, masa kita kalah sama thailand. seharusnya BPPT ikut mengembang kan produk ini agar lebih sempurna termasuk mempersiapkan mengenai hak cipta setelah itu baru di cari investor nya.

  5. Persaingan di dunia industri mobil itu sangat keras, terlebih melawan industri-industri mobil yang lebih dulu mapan. Perlu dipikirkan bahwa orang-orang kaya ingin membeli mobil itu sangat memperhatikan kualitas dan gengsi, sedangkan kalangan menengah kebawah yang kemampuan keuangannya terbatas tentunya ingin memiliki mobil yang terjamin pemeliharaan purna jual dan kesediaan suku cadangnya. Sedangkan para walikota/pejabat menggunakan mobnas, segala biaya pengoperasian dan pemeliharaannya ditanggung Pemerintah. Dengan adanya rencana Pemerintah yang akan melarang kendaraan roda-4 berplat hitam menggunakan BBM Premium, pengoperasian kendaraan roda-4 akan sangat mahal. Disarankan Mobnas itu dirancang langsung menggunakan BBG (bahan bakar gas) dan atau Listrik, supaya mempunyai daya tarik bagi konsumen dan mempunyai daya saing terhadap merk-merk mobil yang sudah ada yang berbahan bakar Pertamax cukup kuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 854 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: