Daftar Rivalitas dan Konflik Antar Suporter di Indonesia


Dekama94 Blog- Indonesia merupakan negara besar dan memiliki keanekaragaman budaya di setiap daerahnya, tak terkecuali pula dengan olahraga sepakbola. Sepakbola yang merupakan olahraga terpopuler di dunia, sangat banyak di minati oleh para penduduk Indonesia utamanya penduduk yang berjenis kelamin laki-laki. Indonesia yang merupakan negara besar, memiliki ratusan atau bahkan ribuan klub sepakbola mulai dari tingkatan rendah hingga tingkatan tinggi macam Persipura, Arema, Persija, Persib, dll. Sepakbola Indonesia juga tak lepas dari peran suporter, jika tidak ada suporter yang mendukung tim kesayangannya, mana mungkin kompetisi sepakbola di Indonesia ini menjadi kompetisi yang kompetitif. Aroma persaingan antar suporter pun acapkali mewarnai perjalanan panjang persepakbolaan Indonesia, rivalitas antar suporter hingga menimbulkan konflik antar suporter selalu terjadi di persepakbolaan tanah air kita tercinta.



Berikut akan admin beberkan beberapa rivalitas dan konflik antar kelompok suporter di Indonesia
1. Aremania vs Bonek Mania

Entah kapan konflik dan rivalitas antar suporter yang nota bandnya adalah kota yang saling berdekatan ini mulai muncul, sebelum admin lahirpun rivalitas antar dua kubu suporter ini memang sudah terjadi hingga menyebabkan korban jiwa bagi keduanya. Dari beberapa artikel yang admin baca, rivalitas dan konflik yang terjadi antara Aremania vs Bonek Mania adalah “gengsi daerah”, masing-masing menganggap kotanya lebih kuat dan lebih hebat.

Berbicara masalah persaingan dan rivalitas dua elemen suporter di Jawa Timur ini, maka kita tidak dapat mengesampingkan sejarah dan kultur sosial masyarakat masing-masing kota. Malang yang secara demografis adalah sebuah kota yang ada di pinggiran gunung, dimana pembangunan-pembangunan yang dilakukan sejak pemerintahan kolonial Hindia Belanda hingga zaman Orde Baru membawa kemajuan yang sangat pesat bagi kota ini. Kemajuan yang membuat masyarakatnya merasa mampu untuk menyaingi kota metropolitin sekelas Surabaya. Surabaya yang selalu dianggap ‘number one’ dalam berbagai kondisi membuat masyarakat Malang tidak terima dan menganggap arek Suroboyo adalah saingan utama mereka. Dalam tataran propinsi misalnya, dimana Malang merupakan kota kedua setelah Surabaya. Hal ini memicu kecemburuan sosial yang sangat tinggi oleh arek Malang terhadap arek Suroboyo .

Kondisi ‘tidak mau kalah’ ini membuat suhu konflik Malang-Surabaya begitu panas. Begitu juga dengan sepakbola, dimana suporter asal Malang selalu berusaha menyaingi suporter asal Surabaya.Jika Bonek Mania dikenal dengan sebutan Bondho duwit, sedangkan Aremania Bondho duit. Adapula jika Bonek Mania menebarkan virus permusuhan, sedangkan Aremania menyebarkan antivirusnya yakni aroma perdamaian.
Rivalitas keduanya tidak hanya hadir lewat kerusuhan dan peperangan, tetapi juga dengan nyanyian-nyanyian saat mendukung tim kesayangannya. Bonekmania, di kala pertandingan Persebaya melawan tim manapun, pasti akan menyanyikan lagu-lagu yang menghina Arema dan Aremania. Begitu pula Aremania, di kala pertandingan kandangnya juga sering menghujat Bonek.Hingga saat ini pun, kata ‘DAMAI’ belum bisa tercapai antar kedua eleme kelompok suporter ini, Mungkin benar kata orang, Aremania dan Bonekmania adalah musuh abadi.

2. Viking dan The Jackmania

Admin sendiri tidak mengetahui dengan jelas, kapan awal perseturuan antar kedua kelompok suporter besar di Indonesia ini saling berkonflik. Menurut artikel yang admin baca, rivalitas keduanya dimulai pada tahun 2000 yang bertepatan dengan berlansungnya Liga Indonesia VI. Saat itu pertandingan antara Persib Bandung vs Persija Jakarta, The Jackmania yang akan mendukung tim pujaannya bertanding di stadion Siliwangi, Bandung menerima perlakuan tidak enak dari oknum bobotoh karena alasan, bobotoh mereka juga diperlakukan dengan tidak simpatik di Jakarta ketika menyaksikan pertandingan Persijatim vs Persib di Lebak Bulus, The Jackmania pun akhirnya tidak bisa masuk ke dalam stadion Siliwangi, Bandung.

Ketika rombongan hendak pulang, tiba2 The Jakmania diserang lagi oleh bobotoh yang masih nunggu di luar stadion. Kondisi ini jelas tidak bisa diterima oleh The Jakmania. Sudah ga bisa masuk masih juga diserang. Akhirnya The Jakmania balas perlakuan mereka (Oknum Bobotoh). Jumlah bobotoh di luar stadion masih ratusan sehingga terjadilah bentrokan yang mengakibatkan pecahnya kaca2 mobil akibat terkena lemparan dari kedua kubu. Ketika polisi datang, keributan mereda dan the Jakmania mulai beranjak pulang. Sempat pula terjadi bentrok beberapa kali ketika rombongan berpapasan dengan bobotoh yang pulang karena tidak kebagian tiket.

Sejak saat itulah api dendam dan permusuhan terus berkobar di kedua belah pihak. Puncaknya di acara Kuis Siapa Berani di Indosiar. Acara ini diprakarsai oleh Sigit Nugroho wartawan Bola yang terpilih menjadi Ketua Asosiasi Suporter Seluruh Indonesia.

Kebodohan the jak terekspos keseluruh negeri ketika mereka tak berdaya menghadapi Viking dalam kuis Siapa Berani. Kuis yang menguji wawasan dan kemampuan berpikir. Itu merupakan edisi khusus kuis Siapa Berani, edisi supporter sepak bola. Menghadirkan Viking, the jak, Pasoepati (Solo), Aremania, dan ASI (Asosiasi Suporter Indonesia). Pemenangnya, Viking. Perwakilan Viking berhasil melewati babak bonus dan berhak atas uang tunai 10 juta rupiah. Seperti biasanya, rasa iri dari the jak muncul. Malu dikalahkan di kotanya sendiri, ketua the jak saat itu, Ferry Indra Syarif memukul Ali, seorang Viker yang menjadi pemenang kuis. Sungguh perbuatan yang tidak pantas dilakukan oleh seorang ketua. Ketuanya saja begitu, apalagi anak buahnya?

Kejadian itu terjadi di kantin Indosiar, ketika dilangsungkannya acara pemberian hadiah. Kontan keributan sempat terjadi, namun berhasil diatasi. Kesirikan the jak tak sampai disitu. Mereka menghadang rombongan Viking dalam perjalanan pulang menuju Bandung, tepatnya di pintu tol Tomang. Anak-anak Bandung yang berjumlah 60 orang pulang dengan menggunakan dua mobil Mitsubishi Colt milik Indosiar dan satu mobil Dalmas milik kepolisian. Ketiga mobil ini dihadang sebuah Carry abu-abu. Dua lolos, namun nahas bagi salah satu Mitsubishi Colt yang ditumpangi para anggota Viking. Mobil itu terperangkap gerombolan the jak. Kontan, mobil dirusak, Viking disiksa, dan uang para pendukung pangeran biru itu pun dijarah. Termasuk handphone dan dompet mereka. Tercatat sembilan anggota Viking mengalami luka-luka. Tiga diantaranya terluka parah. Namun sayang, pihak kepolisian lamban dalam menyelesaikan kasus ini. Termasuk dalam menangkap the jak yang merampok dan menganiaya anggota Viking Persib Club.

Hingga saat ini perseteruan kedua kelompok supporter itu masih terus berlanjut. Viking, yang memiliki anggota terbanyak di Indonesia, memiliki kreatifitas tinggi, terbukti dengan julukan “Bandung kota mode, musik, dan seniman” (bahkan the jak pun belanja ke Bandung), dengan the jak yang memiliki title kota ibukota. Entah kapan ini berakhir…

Menarik sekali membahas pertemuan Persib dan Persija karena dua klub ini merupakan dua klub legendaris dan memiliki sejarah besar sejak zaman Perserikatan dulu. Aroma klasik dan dendam selalu mewarnai pertandingan ini. Mungkin tensi pertandingan ini setara dengan Inter vs Juventus di Serie-A atau Barcelona vs Real Madrid di La Liga.

3. Benteng Viola vs Benteng Mania

Mungkin dari beberapa rivalitas suporter yang ada di persepakbolaan Indonesia, konflik dan rivalitas antara Benteng Viola vs Benteng Mania adalah paling miris, mengapa admin sebut demikian karena kedua elemen suporter ini sama-sama berasal dari Tanggerang bedanya hanya pada klub yang mereka dukung. Jika Benteng Viola mendukung Persita Tanggerang, sedangkan Benteng Mania mendukung Persikota Tangerang. Disetiap pertangdingan baik Persikota atau Persita, Benteng mania dan Viola Extrim selalu terlibat tawuran disekitar stadion, sehingga membuat arus kendaraan menjadi tersendat dan mengganggu warga sekitar stadion.

4. Persik Mania vs Aremania

Sepakbola di Jawa Timur memang panas, apalagi jika ada pertandingan big match derby jatim pastilah di tunggu-tunggu tuh pertandingan, selain adu gengsi antar klub Jawa Timur, juga pembuktian siapa klub terkuat di Jawa Timur. Selain itu juga rivalitas suporter, dan sekarang saatnya mendalami rivalitas antara kedua elemen suporter yakni Persikmania vs Aremania. Dari informasi yang admin baca, asal mula permusuhan antara Aremania vs Persikmania terjadi setelah manager tim Arema saat itu, Iwan Budianto  melakukan penggembosan habis-habisaan di tim Arema. Saat itu Arema yang bermain di divisi utama yang berjalan kurang dari sebulan, Iwan Budianto melakukan migrasi ke persik dengan  membawa  beberapa pilar penting AREMA ke Persik Kediri yang saat itu berlaga di Divisi I dan bisa membuat Persik Juara Divisi I dan otomatis promosi ke Divisi Utama. Konflik berawal dari pertandingan antara Persik Kediri vs Arema, aremania datang dengan jumlah yang buanyak melebihi batas yang ditentukan panpel, lalu banyak yang masuk stadion Tidak membayar,  Stadion Brawijaya banjir suporter baik dari malang maupun tuan rumah kediri. Singkat cerita PERSIK unggul 1-0 Arema. Hal ini membuat ribuan AREMANIA yang menempati tribun selatan gak terima trus melempari pemain, ternyata lama kelamaan gak hanya pemain yang dilempar tapi kerusuhan menjalar jadi bentok antar suporter AREMANIA VS PERSIK MANIA, hingga banyak jatuh korban dan diteruskan di luar stadion dan sepanjang jalur Kediri – Malang. Sejak kejadian itulah hubungan AREMANIA dan  PERSIK MANIA sedikit memanas, tapi itu durung puncak dari pertikaian kedua kubu tersebut. Tepat pada tanggal 17 Januari 2008 di stadion BRAWIJAYA di gelar babak penyelisihan 8 besar.  Saat itu AREMA Vs PERSIWA bermain di Stadion  BRAWIJAYA, sebelum AREMA bermain AREMANIA sudah  memenuhi TRIBUN timur stadion Brawijaya.

Singkat cerita AREMA kebobolan peng pindi terus pas AREMA iso ngegolne, la kok Goll tersebut dianulir wasit… ngegolne maneh di anulir maneh… wes AREMANIA gak sabar… akhire kesruh luar biasa STADION BRAWIJAYA di bakar oleh AREMANIA

 

Beberapa jam setelah dibakarnya stadion brawijaya oleh aremania, ribuan persik mania yang tidak terima karena Stadion BRAWIJAYA yang merupakan markas tim Persik Kediri di bakar oleh Aremania, sepanjang perjalanan pulang ke malang AREMANIA terus Mendapat teror dari warga kediri yang jelas banyak benget kerusakan motor mobil,genting,kaca, cendela, dll. Itulah cerita asal muasal AREMANIA (suporter terbaik) mengapa sangat di  benci  oleh PERSIK MANIA.  Kebencian itu kian subur ketika pertandingan ISL 20 januari 2009 PERSIK harus menjamu AREMA di luar kandang sebab Panpel dan keamanan tidak mau mengambil resiko memasukkan AREMA ke kota kediri. Mereka mengharamkanAREMA dan AREMANIA masuk kediri, sehingga besok tanggal 20 januari 2009 jatah kandang persik berkurang gara2 ulah brutal AREMANIA pada masa lalu.

 

Konflik selanjutnya akan bersambung, di tunggu ya gan!

#DAMAILAH SUPORTERKU

About these ads

About Dimas Eka Pratama

Orang asli Malang yang bercita-cinta ingin menjadi seorang pengusaha terkenal. Saat ini, memiliki hobby menulis di dalam dunia maya dan memiliki impian menerbitkan buku. Ingin lebih mengenal penulis, klik http://www.dimasekapratama.com

Posted on Desember 27, 2011, in Artikel, Opini Penulis and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 181 Komentar.

    • waduk the jack anjing

      • terbukti kan siapa yang berulah duluan..
        Viking dateng ke jakarta dan bisa di terima dengan baik oleh Jakmania..
        Tapi ternyata, ketika Jakmania datang ke Bandung, bukan sambutan yang jakmania dapatkan tapi malah sambitan dan pukulan dari oknum viking …

        Jangan nyolek kalo ga mau di colek !!

    • klo loe jack bawa” jabar jg jelek”in dlm hal ini gw gk trima karna gw orang jabar dan gw bkn suporter bola macam you ,ingat satu x lagi loe jelekin jabar tinggal liat apa yg akan tr.jadi nanti,,ingat itu !!!!!

      jgn tanya aku siapa dan jgn cari aku karna aku yg akan cari kamu klw km masi bawa” nama jabar.

      • satu kata the jack adalah suporter paling IDIOT di dunia……gak ada otaknya…sampah yang gak berguna..indonesia malu punya the jack..,sesuai namanya the jackass…keledai dungu>>stupid idiot gak ktulungan ……

      • Yang ada juga Indonesia malu punya Viking yang kampungan,kualitas rendah,pengirim sampah baik sampah organik,non-organik,dan sampah manusia ke Ibu Kota…Viking kerjaanya rasis,perusuh,tawuran mlulu gak pernah mendalami pendidikan
        Udah gitu Viking2 masih aja yg saling bunuh,saling memperkosa,saling baku hantam,saling rampok sesama Viking…
        Ngaca deh yg IDIOT sebenarnya siapa???
        Sesuai dengan namanya yg diambil dari bangsa Viking….
        Bangsa Viking adalah bangsa barbar pembuat kerusuah dan kekacauan di daratan Inggris dan Skandinavia…yg dilakukan Bangsa Viking adalah merampok,merompak,membajak,merusuh persis Viking Persib…Bangsa Viking dan Viking Persib itu sama,sama2 perusuh,sama2 pembuat onar,sama2 merugikan,sama2 parasit di wilayahnya masing2,sama2 pembunuh tak berotak,sama2 mengandalkan otot bukan otak soalnya keduanya sama2 IDIOT alias DUNGU

  1. saya tambahkan ya gan…
    Banaspati VS Snex
    Pasoepati VS Brajamusti
    Deltamania VS Ultras
    Bontang Mania VS Pusamania
    Boromania VS LA Mania
    rata2 dari mereka karena faktor daerah sih.. :)

  2. saya jga mau tambahin

    slemania vs brajamusti
    panser biru vs snex
    the king (psps) vs sriwijaya mania
    gangster vs SMM kudus
    :D

  3. bagus juga gan infonya,terus tunjukan kreatifitas mu gan,,,,,,,,,,

  4. The Jakmania Makassar

    Maaf ,skedar kritikan ..
    Tdk ad sejarahnye kl _ The Jakmania _ merampok viking splgnye dr studio Indosiar …
    Sy tau dgn jlas ,asal muasal permusuhan _ The Jakmania_ vs viking dan bkn karna rasa iri yg mlandaskan hal tsb ..
    Tp kslh fahaman yg mmbuat _ The Jakmania _ d bantai d bndg dan hal i2 yg mmbuat _ The Jakmania _ sgt tdk trima meskipun viking (bobotoh) adlah suporter trbanyak d Indonesia .

    1 lg ,,viking i2 adalah suporter yg plg bnyak d musuhi stlh bonek .

    * EwAkO * >> PERSIJA JAKARTA
    Ex : _ The Jakmania Makassar _
    ADA UNTUK PERSIJA .

    • oke terima kasih komentarnya, sya memang bukan saksi mata saat itu, tapi saya hanya menggali info dan mencoba men share pada kawan-kawan pembaca.

    • the jack perampok jalanan…

    • sorry ,, saya mo benarkan soal asal-usul rivalitas viking dg jak mania.. memang benar asal-usul nya itu dri rasa iri.. dan kenapA Viking memperlakukan The jak d bandung dg tdk baik,. karna VIKING ..sudah lebih dulu d perlakukan dg tdk baik oleh jak.. d jakarta .. namun kala itu yg bnyak korban itu THE JAK ..karna jak cuma .10% Dari VIKING yg brangkat k jakarta..

    • udah deh sirik sirik aja lu jangan ngeles,, fuck

    • Memang benar…Viking itu memang jagonya tuh ngeles dan koar2 hal2 yg sebenarnya dia yg melakukan namun dia malah menyalahkan orang lain…
      Biasa lah sifat orang Sunda kan emang gitu…pinter banget ngeles dan mengubah balikkan fakta (Ini Pengalaman Saya Loh selama 17 tahun tinggal di Bogor) memang rata2 sifat orang sunda kayak gitu…gak mengakui kesalahannya…justru menyalahkan orang lain…dasar mulut Serigala…pantas saja banyak Koruptor dari orang Jabar…
      Contohlah sifat berani dan jujur orang Jakarta…seburuk2nya yg dilakukan,pasti orang Jakarta mengakuinya dengan jujur…
      Emangnya orang Jabar…udah ketangkep basah nyopet di Pulogadung dan Rambutan eh masih aja ngeles trus nyalahin supir Bajaj…Keliatan banget tipu muslihatnya…ckckck
      Makin lama makin gak betah tinggal di Bogor ini…pengen pindah ke Jakarta,Jateng,Malang,atau apapun lah asal gak ada orang2 menyebalkan kayak Viking… XP

      Salam The Jak Bogor untuk The Jak Makassar
      Dari Sabang Sampai Merauke The Jak Always Exist!!! The Jak Never Die!!!

      • eh lu jangan bawa bawa sunda dong ,,,,,,,yang banyak koruptor itu jakarta dan arema seperti BAKRIE

      • bomber selatan

        klo lo liat sekarang viking waktu lawan arema kemarin ga ada nyanyi rasis yang ada cuma sportivitas dan mendukung tim dan sekarang coba waktuu persija degradasi di GBK ga ada the jack coba bobotoh kalah menang persib selalu dukung ga sepertii jackjing yang cuma dukung waktu menangnya aja

      • @Hendriansyah : Halaaaaahhh pura2 tutup mata,katanya orang jabar gak ada yg korup,mana??? Tuh lo liat semua deh pejabat2 Jawa Barat banyak yg korupsi,banyak yg hidup bermewah-mewahan diatas kesengsaraan rakyat Jabar,Banyak yang kawin siri sama gadis2 sunda,banyak yg bangun villa,rumah dan aset2 lain yg gak jelas uangnya dari mana INI KESAKSIAN GUE BANG SELAMA 17 TAHUN DI BOGOR dan kasus terbaru adalah Korupsi Bupati Bogor…emang di Jakarta banyak korupsi tapi yg melakukan Korupsi itu Bukan orang Asli Jakarta melainkan Pendatang Khususnya orang2 JABAR!!!!

      • Viking Bonek sama saja . Asal jangan THe jak .the jak itU anjing.
        Kalo menang aja dukung . Kalo dEgradasi mah pada kmana semua . Sup0rter Abal-abal .

      • trus lo orang mana?
        Bogor? Bogor itu jabar dan Jabar itu SUNDA Tolol neh bocah (-_-)
        Lo klo muak m Viking silahkan Lo Perang F2F bw Jakmani,
        TAPI klo Lo bawa” nama SUKU itu bukan Perang Viking vs Jak Lagi,
        Tapi Lo sama z ngajak ribut SE-JABAR !!

        Tipe-tipe orang kaya lo bisana cuma bacot doanx,
        Otak kagak ada Mental Kaga Punya,
        Dan klo lo kagak Betah ada di jabar,Lo Pergi z sana keaherat (-_-)

        Mo pergi ke jawa Lo? neh orang bener TOLOL g baca sejarah??
        Jatim ato jateng itu MASIH KETURUNAN TATAR SUNDA.
        Semua kerajaan yang ada di indonesia bermula dari GALUH PAKUAN!!

        Dan Lo bilang koruptor urang jabar??
        Wah wah wah bener-bener idiotna total hahaha :))))
        Neh orang mo adu domba Sunda m jawa (strategi lo ketebak)
        hmm…Penjilat pantat babi neh bocah.. (-_-)

        Beginilah jika Suporter masih bocah (-_-) prihatin !!

    • meskipun bonek banyak musuh masalah buat loh..
      bonek viking tetap 1.

      wani senggol dolor ku mati awak mu..

      by'; ipank bonek zzakklawas’e

    • seng nulis goblok gak ero sejarah. ngunu kate dadi penulis

  5. Ratna Tri Andani

    Nie admin bLoknya Viking yaaa????

  6. Rhya Bonex ArtamZz

    BONEK ADA UNTUK PERSEBAYA
    DI MANA DIA BERADA, DI SITU KAMI ADA..

    Salam senyali WANI,…

  7. SASAJI ae wess

  8. Saya the jack "si idiot"

    The jack dan sejenisnya anjing!

  9. rivalitas sih boleh ada, tapi ga sampe hilangin nyawa lagi dong malu kapan mau maju nya sepakbola tanah air ini, jgn tambah kacau negara, negara nya jg banyak masalah ditambah lagi sepakbola nya juga bermasalah sampe dual liga segala haduh pffft -__-

  10. Yang membuat saya bangga menjadi THEJAK adalah :
    1.TheJak lebih maju daripada Viking yg masih kampungan dan hidup didesa2 and pedalaman
    2.TheJak anggotanya cantik2 ganteng2 karena semuanya orang kota yang modern dgn banyaknya pusat kecantikan dan spa yg bertebaran di Jakarta buktinya di ajang Miss Indonesia orang Jakarta selalu yg unggul dan masuk 5 Besar
    3.Perkapita TheJak lebih tinggi daripada Viking
    4.Memang TheJak kalah saat itu,namun generasi baru TheJak saat ini lebih terdidik dan pelajar.Buktinya banyak anggota2 TheJak yg memenangi olimpiade pelajaran hingga ke tingkat dunia.Jika di adu lagi,saya yakin TheJak yg akan menang..
    5.TheJak cinta damai,buktinya walaupun membenci Viking,tapi Thejak jarang menyanyikan lagu yg meledek Viking dan justru lebih sering menyanyikan lagu2 untuk mendukung Persija.Perhatiin aja di layar kaca…
    6.Walaupun TheJak kalah banyak dari Viking,Namun militer TheJak lebih kuat,unggul,dan berpengalaman.Tingkat keganasan dalam hal tawuran sangat tinggi.Inilah yang menyebabkan TheJak selalu menang dalam hal perang.
    7.Thejak Supporter yg Friendly.Buktinya TheJak banyak berhubungan baik dgn supporter lain seperti Aremania,LA Mania,Pasoepati,Slemania,Delta Mania,dan masih banyak lagi
    8.Tak lupa,TheJak juga sering ikut kegiatan bakti sosial
    9.TheJak adalah supporter yg berjiwa atlet,selain Sepak Bola,Anggota Thejak banyak pula yg jago Bulutangkis,Basket,Volly,Catur,Tinju,Binaraga dll dan sudah banyak yg berprestasi
    10.Selain Itu,Thejak berjiwa seni,karena banyak anggota kami yg menjadi seniman,musisi,dan desainer yg sangat membanggakan
    11.Klub kesayangan kami,Persija jauh lebih hebat.Buktinya head-to-head Persija vs Persib…Persija jauh lebih unggul
    12.TheJak tersebar diseluruh Indonesia.Dari Sabang sampai Merauke.hal ini dibuktikan banyaknya komentar sms antv yg menunjukan thejak2 dari sumatra,kalimantan,bali,sulawesi,hingga papua.bahkan adapula yg merantau hingga keluar negri

    Pokoknya The Jak Is The Best!!!
    I Love You The Jak and Persija!!! <3

    • KONTOL LOE PANJANG……….KLUB TERBAIK DUNIA SAAT INI ADALAH BARCELONA , BUKANNYA PERSIJA APA’AN TUH NENDANG BOLA AJA KAGAK BECUS NGAKU YANG TERBAIK.
      GOBLOK KAU KAGAK PERNAH LIAT TV YA……….

    • JAK MANIA & AREMANIA saudara sdak lawade sak modare
      Sasaji Sajete

    • fakta tentang the jak

      1. ribuan the jak di serang hanya oleh 2 suporter wamena tapi tidak ada yg berani melawan dan hanya lari terbirit-birit..
      2. jumlah the jak kalah bnyak dgn bobotoh
      3. perampok, baik saat kuis siapa berani ataupun ditempat lainnya. contoh: maling hp penumpang saat di kereta api, (kalo g percaya search d google).
      4. katanya the jak modern tapi masih bnyk gembel2 pake baju the jak.,,
      5. katanya jakarta kota mode, tapi buktinya org2 jakarta belanja pada ke bandung.

      • Dear Boboho,
        Ane jawab ya satu2 sesuai FAKTA :
        1.Kata siapa pada lari?Jiaaah ngaco ente!Mana buktinya??Ngomong asal seenak jidat lo aja…
        2.Kan udah saya jelaskan,Memang kalah banyak tapi liat dlu bro lebih ganas yg mana?terbukti dgn seringnya TheJak memenangkan bentrok vs Viking….Thejak terbukti lebih tangguh.The Jak bagaikan Piranha yg ganas dan Viking cuma Ikan Mujair aja….
        3.Oooh itu dulu gan,sekarang mah udh berkurang.Justru Viking yg diam2 jadi pakar dan professor copet dan rampok di Bandung dn sekitarnya…baca aja nih http://www.inilahjabar.com/read/detail/1888238/awasaksi-pencopetan-marak-di-garut-kota
        Geng-geng Motor tuh contohnya….raja rampok jalanan yg brutal…ane prihatin deh liat kondisi Viking.Masa Sesama Viking saling Copet,Rampok,Bahkan saling BUNUH??? Malu baget deh kalo jadi Viking :P
        4.Eh liat dlu coy gembel2 itu bukan orang Jakarta asli tapi pendatang!! Dan pendatang yg paling banyak tuh dari Jawa Barat dan Viking2 pun mengemis kepada TheJak!! banyak pula Viking2 yg gak dapet kerja dan akhirnya jadi gembel dijalanan atau jadi tukang kriminal!! payah saudara sendiri gak dianggap….Kasihan deh plus memalukan…yg mengotori Jakarta tuh Viking sendiri yg berbuat!!Mereka banyak pula yang bergabung jadi TheJak sebagai rasa terimakasih udh dikasih tumpangan…Numpang hidup dan kerja di Jakarta.dan lama kelamaan timbul rasa cinta kepada Persija dan Thejak akhirnya mereka berubah menjadi Thejak sejati.Ada pula yg menjadi Thejak karena sama Viking udh gak dianggap dan ada juga yg sebagai balas dendam.Ironis banget.memang Thejak kalah banyak tapi pertumbuhan TheJak Lebih tinggi dari Viking dan ini terbukti dari hari ke hari makin banyak orang yg bergabung menjadi TheJAK!!!
        5.Lo gak mikir dulu nih sebelum komen?? Eh barang2 Mode di Bandung tuh didatangkan dari Jakarta!!! Orang Jakarta ke Bandung cuma rekreasi dn wisata doang dan Lu tau sendiri kan Orang Indonesia punya tradisi kemanapun dia pergi harus belanja di tempat itu.Liat tuh Indonesia banyak ekspor barang ke Singapore.saat wisata kesana beli barang Made in Indonesia juga…Sama pula dgn orang Jakarta!!! Jadi semua butik dan otlet fashion Bandung tuh dapet barang dari Jakarta!! Orang Jakarta cuma Nitip Lapak dan mendapat keuntungan yg luar biasa!!

        Makanya pikir2 dulu 7X bang sebelum kasih fakta palsu!!!!

    • mending kaya gw, dukung tim bola RT sendiri, tarkam,
      komen lu tolol, coba perhatikan kata2 “TheJak cinta damai”, perhatikan juga “.Walaupun TheJak kalah banyak dari Viking,Namun militer TheJak lebih kuat,unggul,dan berpengalaman.Tingkat keganasan dalam hal tawuran sangat tinggi.Inilah yang menyebabkan TheJak selalu menang dalam hal perang.”, tolol itu cinta damai namanya? maaf gw bukan suporter bola, gw suporter orang yg mikir

      • oya, klo lu orang bogor, tersinggung komen gw? cari gw dibelakang terminal baranangsiang, klo ada vespa panjang disitu, itu punya gw, gw dstu terus

      • Kita memang cinta damai…kita hanya menyerang jika diserang duluan…kita juga gak pernah provokasi apapun…
        Loe liat sendiri deh TheJak Jarang banget kan nyanyiin lagu2 yg provokatif…Gak kayak Viking-Bonek yg bentar2 nyanyi lagu2 yang Ngajak Ribut…
        Pas Persib dateng ke GBK juga kita sambut dgn baik…
        Kita memang musuhan dgn Viking tapi kami gak mau melibatkan Klub…Berantem dan Musuhan ya antar Supporter,Kau lihat aja Persib dateng ke GBK pake Mobil Brimob Segala gak??? Kami Lempar2 Batu Gak??? Kita Timpuk Botol Gak???
        Enggak kan cuy??? Nah sekarang lu liat Viking deh…
        Persija kalau tandang kesana pasti pake kawalan dan pake Mobil Brimob sampe Stadion…soalnya Viking tuh banci…beraninya sama Klub doang yg gak salah apa…Ke Jakarta Kagak Berani…Ribut di tmpat lain kyk Bogor,Bekasi,Depok,Ciawi Kabur melulu…bisanya teriak2 Bacot doang pas dimajuin pada Cabut Viking2…hahahah Mental Sempak…
        Dan lu liat deh pernah gak TheJak nyerang Klub Persib???Nimpuk Persib pke Botol dn Batu???Kagak kan??? Itu udah salah satu bukti Cinta Damainya TheJak…belum kegiatan sosial lain Jumlahnya gak bisa diitung lagi…
        Viking mana??? Bakti Sosial aja jarang terdengar….yang sering terdengar adalah Kerusuhan Geng Motor,Rampok,Maling….Inikah Wajah Viking yg sebenarnya??? Dieluk-elukan masyarakat JaBar namun sesungguhnya Parasit Berbahaya di Jabar…ckckckckck

      • Oh jadi lu Preman kampung yang biasa mangkal di belakang terminal baranagsiang yah???
        Iiiih amit2 deh gw liatnya…orang2nya pada tatoan 80% dibadan….Ngeroko dn Minum Miras…Nyopet penumpang di terminal…trus merkosa orng2 disekitar terminal bahkan anak jalanan pun disodomi…ckckckckk Perilaku lu sama temen2 se-Preman lu tuh udah terkenal se antero Bogor cuyyy…Lu tuh ternyata yg bisanya bikin malu Bogor doang yah…ckckckck
        Jiaahhh buat apa gw nyari vespa butut….yang mau gw cari adalah Orangnya bukan Vespanya!!!

      • ingatttt ga ad sjarahnnya dr dlu smpai skrng kalau wong jakarta jdi penguasa nusantara…..apalagi the jack….dan arema….mati atau dtangkap yg ambil ortu nya……nyali apaan tuuuuuuuu …..suporter menang bnyakk dan provokator

    • ..the jak ituh kampungan,

      .salam dari kota serival loe
      .nj mania

      • Yang kampungan bukannya NJ yah??? NJ Kumuh begitu ngaku2 elit…Malu mas malu…wkwkwkkwkw Dasar Tetangga yang gak berguna…Anak Haram…

    • the jak jancooook

      buat apa bang koar koar paling ganas saat tawuran…dasar anjing kontol loe..katanya cinta damai tp koar koar paling ganas saat tawuran..mana yg bener bego…???loe kontol anjing jgn cm omong doank..ama bonek aja the jak lari terbeol beol…!!!dasar jakarta kontol anjing!!!

      • Cara Bicara loe memang bener2 Asli mulut Binatang yah….
        Untung deng ane gak gabung Viking-Bonek
        Viking-Bonek mah kagak pernah ngajarin sopan santun dan damai buat member2nya…makanya jadi kelompok supporter paling terbelakang…wkwkwkwkwk

        Hidup TheJak!!!!

      • Kita memang cinta damai…kita hanya menyerang jika diserang duluan…kita juga gak pernah provokasi apapun…
        Loe liat sendiri deh TheJak Jarang banget kan nyanyiin lagu2 yg provokatif…Gak kayak Viking-Bonek yg bentar2 nyanyi lagu2 yang Ngajak Ribut…
        Pas Persib dateng ke GBK juga kita sambut dgn baik…
        Kita memang musuhan dgn Viking tapi kami gak mau melibatkan Klub…Berantem dan Musuhan ya antar Supporter,Kau lihat aja Persib dateng ke GBK pake Mobil Brimob Segala gak??? Kami Lempar2 Batu Gak??? Kita Timpuk Botol Gak???
        Enggak kan cuy??? Nah sekarang lu liat Viking deh…
        Persija kalau tandang kesana pasti pake kawalan dan pake Mobil Brimob sampe Stadion…soalnya Viking tuh banci…beraninya sama Klub doang yg gak salah apa…Ke Jakarta Kagak Berani…Ribut di tmpat lain kyk Bogor,Bekasi,Depok,Ciawi Kabur melulu…bisanya teriak2 Bacot doang pas dimajuin pada Cabut Viking2…hahahah Mental Sempak…
        Dan lu liat deh pernah gak TheJak nyerang Klub Persib???Nimpuk Persib pke Botol dn Batu???Kagak kan??? Itu udah salah satu bukti Cinta Damainya TheJak…belum kegiatan sosial lain Jumlahnya gak bisa diitung lagi…
        Viking mana??? Bakti Sosial aja jarang terdengar….yang sering terdengar adalah Kerusuhan Geng Motor,Rampok,Maling….Inikah Wajah Viking yg sebenarnya??? Dieluk-elukan masyarakat JaBar namun sesungguhnya Parasit Berbahaya di Jabar…ckckckckck

    • hahahaha Pidato wkwkwkwkw
      Jakarta itu numpang di jabar,krn ibu kota jd DKI hahaha
      ini penjilat total ingin mencari perlindungan di bawah yang lain.
      Bego banget jika Jak ato arema nerima neh bocah jadi family hahaha
      Bikin malu z ckckck

      Kami adalah orang kampung tapi g KAMPUNGAN kaya Lo (-_-)
      semua orang sukses berasal dari kampung,
      Semua pemimpin negara berasal dari kampung,
      Dan semua hanya menumpang hidup di jakarta,
      Dan jika Lo bangga dengan ibu kota,
      Itu mencerminkan status strata Lo begitu RENDAH,
      Saking rendahna tinggal di kota z bangga…kampungan kali kau neh hahaha

      Hidup Jabar Hidup Betawai Hidup Jateng Hidup Jatim,
      Hiduplah indonesia dan bersatulah nusantara,
      Mari kita Tertawa bersama melihat kelucuan Sikap Kampungan Jakbogor !!
      Yang semakin lama kicauan-nya semakin memperlihatkan Kepecundanganya ;-)

      Hasta La Vista ;-)

  11. emang gx pernah Nonton tv tuh jakjing,,, persija aja didukung hah dasar jakjing!!!!!!

    • hahaahh Nonton TV ya pernah lah mas….emangnya VIKING yg di kampung2 masih banyak yg gak punya TV???
      Lah emang kenapa??? Suka2 Kami lah mau dukung Klub Kebanggaan Kami…
      Siapa elo ngelarang segala??? Gubernur DKI??? Jendral??? Presiden???
      Ngawur ente… XP

  12. woooyyyy,,(TDK MEMIHAK SIAPA PUN),,,viking yg salah,,asal mula nya,,,viking nge jekin the jak,,,woooy,,,jakarta banjir.

  13. @Slemania , PANSER SAMA SNEX , satu hati ,,

  14. Damailah sufforter indonesiaku .

  15. Delta Mania Anti Ultras Gresik

    Ultras iku mbokne ancok! Delta Mania sak lawase anti ultras jancok!

  16. Satu lagi gan, Jomber Mania (Jombang) vs pastimania jancok (ngawi)!

  17. aremania sg onok
    AA 5454 JI
    R.T.F

  18. terbukti sampai sekarang , walau musuh THE JAK jarang nyanyi lagu rasis terhadap viking .
    the jak bernyanyi untuk PERSIJA .
    bukan untuk menghina viking .
    liat viking distadion , selalu nyanyi lagu” rasis .
    jarang sekali bernyayi untuk tim kesanyangannya.
    terbukti the jak itu suporter , kreatif , inovatif dan aktraktif .

    dan juga lagu” suporter di indonesia itu 90persen milik THE JAKMANIA .

    • Betul gan TheJak kan cinta kedamaian dan berjiwa seni seperti yg ane sebutkan diatas wkwkwk

      • Woy.. kata siapa viking jarang keluar kandang? Perlu kalian tahu..! Dimanapun PERSIB main disitu ada viking.. Brmain dijakarta pun viking brani datang.. Bahkan d papua pun viking ada. Pikir dulu tolol kalo ngomong..!

      • Ahahahahah iya berani sih berani dateng ke Jakarta,tapi nyamar jadi orang biasa,Kagak berani pake atribut Viking….ya iyalah Viking ke Jakarta itu udah Kayak Tikus masuk Kandang Macan….hahahahah
        Sampe ke Papua??? Cius Miapah??? #Alay Mode On
        Wakakakakak Stadion Mandala selalu Merah Hitam ala San Siro begitu mana ada Satu titik Biru pun disitu…hahhahaha ente mimpi…mana mungkin Viking sampe Tour Support ke Papua segala emang Murah apa Transportasi kesana…belum Tmpat Istirahatnya,Makannya,ini itu segala macem…wakakakakk kalaupun ada,Paling2 cuma Transmigran dan itu juga sedikit plus langka…hahahahha ente yg satu ini bikin ane ngakak aja hahahahah

      • Dan satu lagi,selama bertahun-tahun ane Nonton ISL,Blum pernah ane liat Viking berbondong2 dateng ke Papua…wkwkwkwkkw Viking emang jago Ngibul yah…Seni Ngibul yg perfect banget…saluuuut deh buat kalian!!! Hahahhaha

  19. orang indonesia

    the jakmania vs viking = kalo jumlah ya sekarang the jakmania juga banyak,kalo gbk terlihat sepi karena gbk itu luas dan padat.
    .kalau kreatif ya jauh the jak lebih unggul,coba mimin cari deh lagu2 the jakmania dan mimin nonton setiap pertandingan di isl/ipl pasti lagu jakmania selalu terdengar di bawakan oleh suporter klub lain dengan mengganti liriknya.
    .fanatik the jak lebih unggul lagi deh,coba liat kalo the jak mania main di kandang: asap warna orange,bendera besar di belakang gawang,gerakan yang padu dari tribun.
    .kesetiaan pada klub juga the jak lebih unggul, lihat saja jika persija main luar kandang the jak sering melakukan tour ke kota tersebut, tapi viking jarang banget dateng kalau persib main luar kandang.

    memang media indonesia itu selalu memberitakan kebrutalan the jak tapi bila kebaikan the jak, media sama sekali tidak peduli

    salam jempol telunjuk..JAKMANIA KEBUMEN

    • Bener banget gan!! TheJak jauh lebih unggul seperti yg ane udh jelaskan diatas.Terbukti Viking tuh gak kreatif dan bisanya Plagiat and Copy Paste tanpa Izin!!!

      Salam The Jak Bogor

    • alah jack anjing sok berani lu…..,BONEK tuch yg berani…,ke mana2 sllu hadir…,low gak di larang polisi…,jakarta pasti hijau tuch…,sekalian hancur tuch jack jing wkwkkwwk,sorry bicara fakta ajj ok..

      • Bonek berani??? Sama Saudara kami Pasoepati dan LA aja Bonek pada kocar-kacir…trus Tewas jatoh dari kereta atau benjol2 karena ditumpuk Pasoepati,LA,Dan Warga…Bonek tuh supporter paling dibenci di Indonesia…kagak punya sopan santun sih pas mau ke Bandung rumah2 warga yg gak salah apa2 kalian timpuk…Bodoh…emang dasar Bodoh Nekat yah…ckckckk
        Kalo hak dilarang polisi emg lo mau apa??? yang ada juga surabaya yg kami Oren-Biru ala The Jak Arema…Viking tuh cuma ngaku sodara…padahal sebenarnya buat ngumpet di balik pantat Bonek doang..Kalian tuh udah ditipu sama Viking…Soalnya Viking gak punya teman yg kuat…makanya berdamai dgn Bonek dan kalo ribut selalu ngumpet..yg maju Bonek…manja banget yah…sama tuh kayak Malingsial yg beraninya cuman provokasi kalo perang malah Inggris yg maju…ckckckck XP

    • jancokkkkkkk……….. brutalllllllll …the jack ga dianggap sebagai suporter brutalll……wongg abg,dianggap sih tp di tarkam menteng <kmayoran .manggaRAI

  20. Mbijuk ki kowe Jomber , Ngawi tembe cah.

  21. iyon viking jakarta

    ahhhh gembel bacot mulu tetep urang mah geuleuh hak suporter dibunuh,,yng kya gitu supporter terbaik ??? dasar gembel ibu kota…

    • yang gembel tuh pendatang gan.paling banyak dari Jawa Barat,Viking.Mereka pada mengemis dn cari pekerjaan sama TheJak…kalo gk diterima atau di PHK akhirnya Viking2 itu jadi gembel dan mengotori pemandangan ibukota….

      • coba kamu kasih contoh orang orang siapa yang berseni dari the jak ? palingan kamu juga tinggal di pesisiran jakarta di gang2 yang sempit :p

      • Kalau Noah dn ST12 juga yg bikin mereka sukses juga The Jak Boss….Orang Jakarte gtu bang….kalo gak karena bantuan The Jak yg jadi produser,mereka gak mungkin se beken sekarang….
        Band Jabar mah dikit…paling banyak dan mendominasi dunia musik Indonesia adalah Band2Jakarta…contoh2 band2 dn grup musik Jakarta yg berprestasi??? nih contohnya : Lyla,Nidji,Vierratale,Zigaz,Last Child,Slank,Kotak,Koes Plus,Andra & The Backbone,ADA Band,Cherrybelle,Clubeighties,J-Rocks,God Bless,Ungu,D’masiv.Jamaica Cafe(Vokalisnya itu masih Saudara Sedara dgn gw…Gak percaya?Sok tanya aja ke bang Antonya),Alexa.Kerispatih,Killing Me Inside,Pee Wee Gaskins,BlackOut,dan masiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih banyak lagi!!!

        Gang??? ahahahhah soktau banget yah… ente mah belum mampir ke rumah gue aja bang….emang sih Viking tuh kerjaanya cuman Ngeramaaallll aja trus jadi dukun palsu…ujung2nya keperawanan Pasiennya yg diembat wkakakakak Viking mah emang nenek moyangnya dukun….Logo Viking aja Kayak DUKUN akakakakk

  22. la kok gc ada???????

  23. Salam Bergerak & Bersatu

    “L.A Mania Bajak Laut”

  24. viola and benteng mania udh damai ..
    kami anti dengan jak anjing ..

    VIOLA JAKARTA …
    JAKARTA BUKAN HANYA MILIK PERSIJA ..
    JAKARTA JUGA MILIK PERSITA …
    WE LOVE PERSITA>>>

  25. - ya memang viking orang kampung , tapi kelakuan anak viking lebih baik daripada anak the jak yg rusuh dan urakan.
    contoh: ngebajak kopaja,rusuh tiap menang ataupun kalah..dll
    FAKTA!!
    – ya memang anak the jak ganteng and cantik karena sering ke salon. berbeda dengan anak viking yg ganteng and cantik dari lahir…
    – bukannya generasi the jak itu ga patut ditiru .. contoh: tawuran antar pelajar di dki jakarta. FAKTA…
    – cinta damai kok ngebunuh orang apa itu yg disebut cinta damai … bullshit ah!!
    – the jak kuat tapi kok sama NJ Mania aja udah kesusahan terus dikejar ma suporter persiwa aja pada lari kocar kacir .. wkwkakaka
    – the jak suporter friendly banyak teman tapi lebih banyak musuhnya Viking,NJ,Bonek,Viola,Kabo,soebex dll. dah jelas” the jak itu suporter yg paling dibenci diindonesia. FAKTA!!
    – mane buktinya the jak soal seniman , liat donk Noah band , St 12 dll. itu termasuk bobotoh persib , ga kayak the jak paling omas,mastur wkwkwkw
    – ya memang head to head persija lebih unggul tapi inget jak dikancah dunia persib lebih unggul soal prestasi.
    -inget jak ada 900 distrik viking yg tersebar di indonesia maupun di luar negri . contoh : baraya viking japan , viking south korea ,viking malaysia,singapore,thailand,jerman,italy dll.

    GUA LEBIH BANGGA JADI BOBOTOH PERSIB DIBANDINGKAN JADI GEMBEL JAKMANIA.

    #SASAH

    • SMM lebih bangga jd teman BONEK VIKING dari pd sama the jak .. the jak & arema jancokk , toi tenan asu ya hahahha

      by : SMM MANIA KUDUS 1934

    • AHAHAHHAHAHAHAHHA NGAKAK ABIIIIIIIZZZ!!!!
      Ane sebagai Juru Bicara The Jak Bogor akan menjawab statement ngawur anda…DENGAN FAKTA YANG JELAS
      Ok langsung saja yah
      1.Lu gak sadar??? ngaca dulu mas…Ente liat sendiri,apa bener anak kampung Jabar udah lebih baik dari JKT??? Lu liat sendiri deh Anak Kampung Jabar masih SD kelas 3 aja udah berani ngerokok,berani ikut tawuran,berani hisap lem yg entah apa yg enak dari LEM… Bahkan udah mulai yg jadi pengedar narkoba…XP INi FAKTA
      Jadi ini yg dididik Viking??? Benar2 merusak Moral generasi bangsa aja…
      Dan ane juga bukan ngarang…ini sesuai yg ane liat sendiri,Karena ane tinggal di BOGOR…dan satu lagi yang perlu anda ketahui bahwa yg rusuh dan urakan hanyalah kaum pendatang…bukan penduduk asli yg selalu menjaga adat dan etika ala Betawi…Dan perantau yg paling beringas,kasar,dan bejad adalah dari Jawa Barat… Ini Fakta loh mas…Mau bukti?ente cek sendiri deh di Polda Metro Jaya daftar Maling,Copet,Rampok,Jambret,Teroris,Agen Narkoba,Buronan segala macem rata2 BERKATEPE JAWA BARAT!!!!! fakta…..

      2.Yah harus ane akui,Cewek Jabar Manis2 Ayu2 Pisan….tapi itu CEWEKNYA SAJA…Kalo cowoknya???……………………………………………………………………………………………hmmm ane gak mau bikin orng tersinggung loh ya…Ganteng itu kan relatif sih heheheheheh….lagi pula,apakah cewek2 Jabar yg luarnya cakep dalemnya cakep juga??? Are They Have An Inner Beauty??? Kau tengok lagi…Kau lihat Lonte2 di Puncak dan Pantura??? Apakah mereka masih cantik walau cantik nya cantik murahan??? yang cuma jadi makanan Orang2 Arab…. INI DIBUKTIKAN SENDIRI DI FILM “KAWIN KONTRAK” hayooo masih inget gak bro????hahahhah dan satu lagi…85% cewek Jabar udah gak Virgin lagi….Apa ini yg dibanggakan dari Viking???Apa gunanya cantik luar tapi dalemnya enggak???Renungkan deh baik2…Trus lu liat sendiri deh di Ajang Miss Indonesia…apa pernah orang Jabar menang?? Jarang banget kan??? Selain kecantikan luar,kecantikan dalam dan intelektualnya juga dinilai bro…wkwkwkwk

      3.Tawuran itu udah jadi budaya…emang Jabar bebas Tawuran??? Mimpi Siang Bolong…Di Bogor aja 5 orang pelajar Tewas setiap bulannya gara2 tawuran….Tawuran itu di seluruh Dunia selalu terjadi…bahkan negara2 maju kayak Amerika,Jepang,Italia,Spanyol dll sering ada tawuran..dan…banyak pula orng2 yg mati konyol….Lo gak bisa memasukan tawuran ke dalam fakta ngawur ini…karena Tawuran itu udah sulit sekali dihindari…Karena Jiwa Remaja yg keras dan Ingin tahu membuat Tawuran sulit dikendalikan…BEGITU FAKTANYA COOYYYY

      4.Cinta damai versi kami,The Jak tuh selalu hidup damai dan berdampingan dan menjunjung tinggi persahabatan atas dasar Bhinneka Tunggal Ika….Di jakarta banyak suku2 yg berbeda2 tinggal…tapi kami rukun2 aja…bahkan sama orng JABAR pun kami tak selalu anggap musuh….kami biasa2 aja dan berteman dengan mereka…Asal mereka gak cari ribut duluan aja….Kalo ngebunuh tuh relatif…labil…orang kalo emosi dan ada masalah ujung2nya pasti main tikam…Nah coba kalo Viking…khususnya Geng Motor….Orang2 yang tak bersalah di rampok,dibunuh,diperkosa….Ckckckck jiwa viking emang Jiwa binatang yah??? Gak punya perasaan…gak berperikemanusiaan….Untung deh gw gak jadi Viking… XP

      5.Kau ingat gak pernyataan : “Orang kecil selalu mengganggu Orang Besar” Yah seperti itulah NJ….. kaum Minoritas yg sampah Ibukota….The Jak mah hanya bisa bersabar aja dengan kelakuan adik bungsu yg satu ini….mereka sih belum bikin hal2 yg menyulut kemurkaan kami…kalau sudah membuat kami murka,Kami bisa bertindak TEGAS….Kalau soal Persiwa sih itu hal wajar….ente inget2,Pertandingan itu berlangsung di Yogyakarta,The Jak yg pergi kesana waktu itu kagak bawa senjata apa2,kalaupun ada yg bawa senjata udah keburu di razia Aparat,nah lagipula kan The Jak dengan Persiwa kagak pernah musuhan dan ribut,komunitas orang Wamena di Yogya lebih banyak dari The Jak dan orang2 Wamena itu rata2 adalah penduduk tetap,sebagian ada juga yg dateng ke sana….Nah Persiwa2 itu lepas dari kontrol aparat…tak terduga membawa Senjata dan Mercon… (Masih jaman yah ribut pake senjata??? Jadi yg banci siapa sih??? apa yg beraninya pake senjata doang atau yg berani dgn tangan Kosong) Ente sendiri juga coba kalo di posisi wakil2 kami kalo gak bawa apa2 trus dilemparin mercon refleks ente apa??? dial terpaku atau menghindar??? Kalo manusia normal sih ya tntu menghindar…lagipula,The Jak cinta damai…Kami gak akan menyerang sebelum diserang duluan….Kau tak tahu apa lanjutannya kan??? Di luar stadion The Jak tetap melawan dengan batu…yah…hanya itu senjata yg ada…menurut laporannya,4 orng Persiwa ancur kepalanya dan 2 TheJak juga sama…sayangnya kagak diberitain ke media…ya iya lah masa tawuran di sebarin segala… dan sekali lagi ITU FAKTA

      6.Ente ketinggalan berita…Viola dan Kabo udah damai dengan The Jak…lu tanya aja ke orang2 Bogor…Hahahha informasi Viking tuh Limited banget sih LOL wakkakakak XP Loe liat deh komentar Bung Pasoepati Solo diatas… VIOLA dn THE JAK UDAH DAMAI DAN UDAH LAMA BANGET KALI MAS….wkwkwkkw yang paling dibenci??? Tentu saja BONEK….kau liat sndiri sepanjang perjalanan kereta,Bonek selalu dilempari oleh warga yg non supporter…kenapa??? karena mereka (Bonek) suka melempar rumah2 warga tanpa sebab yg jelas…udah gitu mereka mengotori kereta….vandalisme…corat-coret…bahkan kencing pun di bangku kereta…Apa itu contoh yg baik??? Sudah gitu mereka juga selalu menganggu warga…entah di Jalanan maupun Di Stasiun….orang2 telat dan kereta telat pun itu gara2 BONEK…udah bgitu,kalo gak punya uang atau udah abis kerjaanya BONEK tuh selalu nyopet,maling,jambret….Lo liat sendiiri deh supporter yg selalu dapat cacian dari seluruh orng Indonesia,dan selalu masuk berita karena kebiadabannya siapa?? Ya sekutu Bejad lu tuh BONEK…jadi jelas banget kan siapa yg paling dibenci di tanah air ini…dari sabang sampai merauke orang2 pasti jawab BONEK supporter paling beringas,brutal,dan sifat2 jelek lainnya….oh ya ane ksih tau rahasia nih ya : Bonek pas ke bandung tuh setiap kesananya pasti memperkosa cewek viking FAKTA LOH INI DARI TEMEN GW SENDIRI…kenapa??? soalnya nafsu BONEK tuh kelewatan sampai2 cewek Sekutu pun diembat juga XP

      7.Ohhhh kalau Noah dn ST12 juga yg bikin mereka sukses juga The Jak Boss….Orang Jakarte gtu bang….kalo gak karena bantuan The Jak yg jadi produser,mereka gak mungkin se beken sekarang….
      Band Jabar mah dikit…paling banyak dan mendominasi dunia musik Indonesia adalah Band2Jakarta…contoh2 band2 dn grup musik Jakarta yg berprestasi??? nih contohnya : Lyla,Nidji,Vierratale,Zigaz,Last Child,Slank,Kotak,Koes Plus,Andra & The Backbone,ADA Band,Cherrybelle,Clubeighties,J-Rocks,God Bless,Ungu,D’masiv.Jamaica Cafe(Vokalisnya itu masih Saudara Sedara dgn gw…Gak percaya?Sok tanya aja ke bang Antonya),Alexa.Kerispatih,Killing Me Inside,Pee Wee Gaskins,BlackOut,dan masiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih banyak lagi!!!
      Lu liat nih Tokoh2 Jakarta : http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_tokoh_Betawi

      dan ini : http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_tokoh_Daerah_Khusus_Ibukota_Jakarta

      FAKTA LOH BRO FAKTAAAAA!!!!

      8.Hahahhaha mimpi lagi….prestasi apa??? Celebes cup aja cuman 4 klub doang yg ikut….itupun menang hoki doang….ahahahahha soalnya kagak punya prestasi lebih banyak dari Persija sih…asal lu tau,Era Perserikatan Persijalah yg mendominasi….Lu bandingin deh Prestasi Persija-Persib lebih banyak siapa???

      http://id.wikipedia.org/wiki/Persija_Jakarta

      http://id.wikipedia.org/wiki/Persib_Bandung

      KASIAN DEH VIKING2 YG LIAT STATEMENT BERDASARKAN FAKTA YANG ADA SEPERTI INI HANYA BISA GIGIT JARI!!!!! HAHAHAAHAHH

      9.Kalian tuh malu2in yah??? Klubnya disini tapi malah mejeng2 di Japan padahal mah Holiday doang….wakakakakk Ingat Juga Coy THE JAKMANIA JAPAN!!!! Itu komunitas asli yg menetap di Jepang…selain itu banyak juga tuh komunitas The Jak di Australia,Malingsia,Singapore,Thailand,Hong Kong,dll tapi kami bukan mejeng doang dan bener2 100% menetap disana…Mahasiswa2 Indonesia yg Thejak dan Kuliah di Amerika dan Eropa juga banyak tuh perkumpulan The Jaknya hahahahah

  26. tuk admin,ente klo gtw akar msalah the jak vs viking jgn smbarangan bicara,kayana admin lbih pro ke viking nih jgn2 oknum viking yah anda

    • the jak jancooook

      jancoook banyak omong loe daniel mananta…emg kenyataannya the jak anjing..kalo loe gak trima omongan gue dtg aja loe ke surabaya…gue bonek…lek aku bonek koen kate lapo the jak kontol anjing!!!!

  27. ane berharap liga jadi satu..
    the jak+arewaria silahkan datang ke gelora bung tomo… pasti entr MATI sblum menit 90′.

    hai the jak, kalian jangan bangga dulu, katanya klub gede+hebat kok gak punya stadion.jangan sebut gelora bung karno sebagai stadion kalian. saya bertanya juga kok ngungsinya jaoh amat ke madiun.
    apa disekitar jakarta gak ada yang mau nampung the jak, tanggerang misalnya, aneh katanya tadi friendly…
    mirip lagunya slank “tong kosong” hahaha.

    hai the jak yang berpendidikan, tolong ajarin sodramu arewaria biar kembali ke jalan yang bener.

    • HAHAHA udah gan kasian jgn terlalu jujur m mereka hahaha
      Biarkan mereka hidup dalam hayal karena kebutaanya akan sejarah,
      dikira jakarta itu punya dia,JAKARTA PUNYA INDONESIA,
      dan penduduk aslina orang betawai bukan si Jaka alias jakmania..

      Salam Penuh damai dari Tanah Parahiangan ;-)

  28. ane berharap liga jadi satu..
    the jak+arewaria silahkan datang ke gelora bung tomo… pasti entr MATI sblum menit 90′.

    hai the jak, kalian jangan bangga dulu, katanya klub gede+hebat kok gak punya stadion.jangan sebut gelora bung karno sebagai stadion kalian. saya bertanya juga kok ngungsinya jaoh amat ke madiun.
    apa disekitar jakarta gak ada yang mau nampung the jak, tanggerang misalnya, aneh katanya tadi friendly…
    mirip lagunya slank “tong kosong” hahaha.

    hai the jak yang sok berpendidikan tollong ajarin sodramu arewaria biar kembali ke jalan yang bener.

  29. aku i lho PASOEPATI SING DURUNG DAMAI MBE BONEK VIKING BRAJAMUSTI BCS !!! PASOEPATI ABAS,MUPENG,GK!!! KALAU BNER2 SUPPORTER APIK NGOPO KOK KNCONAN BONEK!!! KONTOL SU!!!!

  30. sekarang itu di hitung hitung memang hampir sama jumlah supporter thejak sam viking,,,tp walaupun thejak lebih sedikit apa yang di bilang di atas tadi,, tetep lebih tertib thejak dari pada viking , sekarang itu thejak ada yang mengatur seperty KORWIL KORLAP KETUA,lebih teratur,setiap tour pasti ngeluarin duit tp kalo ada salah satu yang gak bayar pasti gak boleh ikut karna ada KORWIL itu td!!! tapi thejak tetep pada nonton kok dia rela nyisain uang jajanya demi persija buat beli tiket,,,kami tidak suka menjarah dan menipu!!! di tahun 2001 thejakmania sudah menumbuhkan kreativitasnya untuk persija,SEKARANG !!! viking mana ??? adakah yang mengatur adakah kreativitasnya adakah dia membayar?? kebanyakan sih anggota geng motor yang gak ada tata tertibnya sama sekali !!! KAMI SUDAH MEMINGINKAN PERDAMAIAN THEJAK VIKING BIAR TIDAK ADA KORBAN BERLANJUT ,TINGGALKAN DENDAM ,,DENDAM SUPPORTER TAK ADA HENTINYA!! TAPI APALAH BALASAN PERDAMAIAN INI CUMA DI KATA2IN SUPPORTER ASAL BANDUNG,,CINTAILAH KELUARGAMU DIRUMAH DARI PADA MENCINTAI PROFESI SEMENTARA !!!!

  31. Setuju banget kalo the jak itu anjink

  32. bonek,viking,brajamusti ancok kabehh

    PASOEPATI(PASUKAN SUPORTER PALING SEJATI)

  33. After Holiday Crazy Punk

    Bandung kota musisi, kreatif, kuliner hhahahaah

    • Bandung tuh yg ada juga Kota Gunungan Sampah….katanya kota kembang…mana kembangnya??? Kembang Bangkai??? Masa sepanjang jalanan di Bandung banyak sampahnya??? Ktahuan banget Viking2 itu kagak disiplin dn bermoral melebihi hewan ternak…kagak punya akal…pantes aja Ciliwung dn Citarum banjir mlulu karena kebiasaan viking2 yg buang sampah sembarangan…jelas juga SALAH SATU yg bikin jakarta banjir adalah Orang2 Viking..pasti sengaja tuh biar Jakarta banjir…Selain itu,Bandung itu kota paling berbahaya di Indonesia…kenapa??? Jambret,Copet,Perampok,Teroris,Bandar Narkoba,Sampai Geng Motor lengkap disana….Bandung cocok tuh masuk ke game GTA karena warganya yg emang brutal plus memalukan Indonesia… XP

  34. . Sikok lagi nih ther ,, Beladas (simanis dan sriwijaya mania sumsel) VS Singa mania satu kota tapi 2 kelompok suporter ini adalah musuh abadi (y)
    . Mereka perangnya modern, pakek cukka parah, segala macem.
    . tapi di saat perang beladas idk pernah kalah, malah singa mania lari kocar-kacir :D

  35. hei admin liat dong setiap persib main.pasti lagu nya menghina the jak dan persija terus.
    gak objektif nih menilai nya.

  36. Ha..ha..knp semuanya pada saling caci? Yg tawuran itu sebetulnya ABG2 yg masih labil, trus kian heboh karena dikipasin media.klo yg dah dewasa sih mending ngurus anak istri drpada tawuran. Ditempatku aja aremania,bonekmania,jakmania,en viking tiap malam duduk satu meja mabuk bareng tp ga prnah ribut.kalian yg sadar en ga mabuk kok malah ribut. Salam satu indonesia

  37. the jak orang2 nya berSENI ? coba kasih tau musisi nya siapa aja sih ? orang2 the jak cuman bisa macetin jalanan bandung ! sory the jak anjing SIA teh gembel jangan suka ngerenin kelompok kalian dah muka lo orng pesisiran jakarta aja bangga !

    • Kalau Noah dn ST12 juga yg bikin mereka sukses juga The Jak Boss….Orang Jakarte gtu bang….kalo gak karena bantuan The Jak yg jadi produser,mereka gak mungkin se beken sekarang….
      Band Jabar mah dikit…paling banyak dan mendominasi dunia musik Indonesia adalah Band2Jakarta…contoh2 band2 dn grup musik Jakarta yg berprestasi??? nih contohnya : Lyla,Nidji,Vierratale,Zigaz,Last Child,Slank,Kotak,Koes Plus,Andra & The Backbone,ADA Band,Cherrybelle,Clubeighties,J-Rocks,God Bless,Ungu,D’masiv.Jamaica Cafe(Vokalisnya itu masih Saudara Sedara dgn gw…Gak percaya?Sok tanya aja ke bang Antonya),Alexa.Kerispatih,Killing Me Inside,Pee Wee Gaskins,BlackOut,dan masiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih banyak lagi!!!

    • Terus saja kau mencaci-maki kami dgn kata2 kotor kayak anjing,tai,kontol,dsb tapi kami tetap tegar dan sabar dan kami selalu menjaga mulut kami agar bersih dari ciuman Setan yg bikin omongan para viking ketahuan banget IBADAHNYA KURANG….Jadi ini bahasa yg dibanggakan para Viking??? Bahasa Sunda yang mnurut saya kalau dituturkan secara halus sangat lembut dan indah namun jika dicemari dgn kata2 Iblis malah jadi bahasa penduduk Neraka…
      Kami tertawa dan senyum senang melihat semakin sering kalian mencaci maki kami,semakin lekat Iblis yg bersemayam dalam mulut dan dirimu sendiri…
      Apakah kami pernah mengatai kalian seperti itu??? Kau lihat sendiri dan bandingkan suasana GBK dn Siliwangi/Si Jalak Harupat….mana yg paling enak didengar oleh pemirsa TV??? Tentu saja GBK dengan lagu2 semangatnya…Orang2 dari seluruh Indonesia mengakui kalau lebih enak nonton pertandingan Persija dari pada Persib karena kami lebih sopan emangnya Viking yg nanyi lagu2 Bahasa Setan yg bukan jadi contoh untuk anak2 kecil??? Kalian para viking mau mencemari otak anak2 belia generasi penerus bangsa yg sedang berkembang dgn kata2 kotor kalian??? Kalian bangga jika suatu hari nanti generasi2 yg tumbuh itu menjadi bejad gara2 virus kata2 kotor kalian??? Jika hal itu terjadi saya dan rekan2 saya bisa saja menuntut Viking karena telah memberikan pengaruh buruk kepada masyarakat…lihat saja nanti….

      • Coba nyanyi tgl 14 besok di GBK?..hehe..dateng aja ga boleh.tapi kalo situ sendirian nyanyi ya ga apa?.dkt parkir timur aje nyanyi ndiri tar gw tonton dah..sarap euy.

      • Apasih lu gajebo banget ngomong gak jelas…ente sarap yah??? Ntar deh ane panggilin petugas RSJ

  38. Viking bonek sama saja Arema-The jak sama saja sama-2 suporter perusuh apalagi bonek and viking bisanya ngomen yg gak penting paling tu org gx berpendidikan sini tak kasih uang tp inget jngan ngerampok ea para adik2 bapak2 ksihan anak istri dirumah butuh makan untuk hidup…………..

    Salam saju jiwa Dari P-man and Kalong mania

    Dari ibnu Pekalongan ………….,,,,,,,,,,,,,.,.,.,.,,,,,,,,.,.,.,.,.,

  39. saya dung Arema-THE jak and Bonek-Viking jngan pada rusuh ea nek mau tak belik’ebola satu2 biar gx ribut kan adil daripada harus ribut sana’i tnpa arti sma sekali lahlahlah lah

    o la la

  40. 1 lagi,,,,
    DELTA iku banci”,,,,
    Mbok’ne ancok,,,,
    Miskin bgt loe

  41. yang bener itu dari sejak jaman ente2 belum lahir kalau persib main di jakarta selalu mendominasi penonton…
    publik jakarta iri kok bisa2 nya stadion sendiri di jajah suporter kota orang…
    jaman dahulu belum ada namanya jakmania adanya the comandos pelita jaya dll…
    saat persib pelita jaya main di jakarta itu spanduk the comandos di kandang sendiri di copotin pendukung persib…
    tahun 1997 :Sanggraha, pelita jaya 2 – 0 Persib bandung. semua spanduk the commandos diturunin, dan pagar belakang gawang dirobohin.
    publik jakarta gerah dunk dan merasa perlu membuat suporter tandingan…
    di bikinlah jakmania oleh gugun gondrong di era2 sekarang….

    psm, pelita jaya jakarta, persebaya, psms medan itulah kawan dan rival suporter persib sejak dahulu…
    tradisi dan sejarahnya sudah tercatat panjang…
    bukan suporter kemarin sore…
    cuman jaman dahulu penetrasi media gak sebooming ini…

    tapi overal ane sendiri gak setuju rivalitas seperti yang terjadi sekarang…
    banyak tercabutnya nyawa tak berdosa…
    para panglima/pimpinan/pejabat teras cuma koar2 rivalitas…
    apa saat ribut dya berdiri paling depan???
    kagak cuy…
    anggota2 kecil lah yang mati yang kena efek dari kata yang sebut dengan rivalitas itu…

    cmiw

  42. Biarkan mereka berkoar sesuka hati mereka. Sudah terbukti mereka cuma berani di DUMAY. Nyata’nya nol.
    Salam sanyali.
    Viking nu aing

  43. the jak monyet anjing bagong

    the jak kayak memek
    anjing lu monyet lu
    gobog sia anjing

    fuck nyet

  44. Ekkkh bung, kata siapa viking gak ada yang ngatur,,
    SO TAU B.G.T di VIKING tuh ada Yg namanya KETUA UMUM PUSAT, PAMGLIMA, Dn PENGURUS2 yang lain,,
    Terus di bawahnya lagi dI MASING2 DAERAH ADA DISTRIK, yang masing2 ada KETUA,WAKIL,KORLAP,dll, dan di bawahnya DISTRIK ada llagi yg namanya KORWIL:…. JADI JELAS LEBIH RINCI dan lebih TERURUS,,
    Dan masih banyak lagi kata2 anda yg harus di RALAT Yg TDAK SEDUAI DgN KENYATAAN, katanya the jak bermodal (KAMI BUKAN PEJARAH DAN PENIPU ) hELOOOOOOOOWW tapi mana buktinya kopaja ajah masih di bajak, itu satu hal yang mmbuktikan klau the jak itu KERE alias KISMIN, PERUSUH, tukang bikin onar, KLAW MMEMANG THE JAK ITU TERURUS dan lebih pintar terus kenapa k stadion masih bawa GOLOK,CELURIT,PISO DLL,, k STADION Tuh bawa semangat bung dan jangan lupa juga bawa tiket bukan malah bawa celurit Dsb (MAU NGERAMPOK JENG) ,, yang lebih FAKTA lagi THE JAK lebih TOLOL dn lebih BODOH dri pada kami (VIKING) ,, kenapa saya sebut Kalian (the jak) tolol karna NGEBACOT tidak berdasarkan kenyataan,, terlalu ngebanggain diri padahal seluruh indonesia uga tau karna FAKTA ini sudah sering di BERITAKAN DI TV2 SWASTA.. Dan yang perlu kalian tahu,, K STADION TUH pake modal bUKAN pake todongan senjata tajam,, KATANYA THE JAK CINTA DAMAI TAPI MA TEMEN SENDIRI AJA SALING LEMPAR BATU,, BAHKAN ADA TUH YANG SALING BUNUH,, BAHKAN AKU MASIH INGET SAAT ADA BERITA DI TV YANG NYIARIN BHWA ADA ANAK THE JAK TEWAS TERTEMBAK DI BAGIAN LEHER,, OLEH SESAMA THE JAK, ( JERUK MAKAN JERUK ) DAN YANG TERAKHIR KASUS KEMATIAN SODARA KAMI ALMARHUM RANGGA CIPTANUGRAHA (VIKING) YANG TEWAS DI GBK, BUKAN HANYA RANGGA TAPI DUA DI ANTARA NYA YANG MENINGGAL ADALAH ANAK THE JAK NYA SENDIRI YANG DI KEROYOK SESAMA ANAK THE JAK..

    Semua hal di atas mmbuktikan bahwa the jak itu T.O.L.O.L

    • lu mao nonton bola ape perang pake panglima segala ? viking ngiri ama anak ibukota….kasian deh lu

    • biasa bro yg jobless mah ngomongnya gt, komen di dumay aja jago, di nyata blm tentu, mumpung nama di samarin, jd sok berani, maklum nak jkt, bacod gede tp tak ada isinya, itu fakta lho dari tmn2 kmpus ane yg dari sana mrka pada so…so…gmn gt….mati gaya pula….

  45. Justru artikel seperti ini yang mengadu domba…
    Serta media yang membesar2kan masalah….

    #Moga Cpet Damai

  46. the jack anjing tuh cuma omdo doank yg besar.
    dari pada urusin tim lain mendingan urus tim sendiri tuh kurang dana jg.

  47. viking tuh Anjingnye jawa barat, perkumpulan anjing Biru seluruh indonesia (PABSI) ada di jawa barat, tepatnye dikampung bandung..
    Buat! Llo anak vik.JING FUCK bwt llo …

    By: perkumpulan The Jakmania & JakAngel basis Persija Jakarta..

  48. ayo persijap kw menang psis aaaaASSSSùÜ

  49. BONEK SUROBOYO

    Bonek is the best !!!!!

    dulu panser biru (psis semarang) musuh sekarang jadi sahabat
    dulu bobotoh (persib bandung) musuh sekarang jadi sahabat
    dulu macz man (psm makasar) musuh sekarang jadi sahabat
    dulu pasoepati (persis solo) musuh sekarang jadi sahabat
    dulu smeck holigan (psms medan) musuh sekarang jadi sahabat

    Bonek ada dimana2, DIAM MENAKUTKAN,BERGERAK MEMATIKAN !!!!!

  50. YANG UDAH PASTI. BANDUNG ITU PENGEKSPOR PEREK TERBESAR DI INDONESIA. di doli (sby) , mahakam (jkt). DUKUH ATAS (jkt). PUNCAK LAGI JGN LU TANYA DAH. itu semua dari bandung kebanyakan. gw dah pernah ke tkp masalahnya. klo ga percaya bole di datengin.

  51. Eee podo padu ae!! Sporter pling bgus n kreatif cm BCS coba kalian lihat d youtub or lngsung ke maguo harjo!!
    G ad suporter yg bisa ky BCS bikin koreografi josss!!!!

    slm bwt yg suka bcs!!

  52. yg benar pasti menang

    saya suka sepak bola, dan saya suka semua kelompok suporter INDONESIA, karna suporter INDONESIA bagi saya adalah suporter paling kreatif dan fanatik. Dan TERIMA KASIH ATAS INFONYA.

  53. HAHAHAHAHAHAHA……………………….

    yg COMMENT TERNYATA BNYAK YG GUOBLOK Y….nunjukin klo kaga’ da yg pernah sekolah….

    WKWKWKWKWK……………

    SEKARANG TU UDA BUKAN JAMANNYA ADU OTOT & MULUT BROO…TPI SEKARANG JAMANNYA ADU TEKNOLOGI & PENDIDIKAN………..

    KLO EMANK SUPORTER SEPAK BOLA Y JADILAH SUPORTER YG BAIK D LAPANGAN….TPI KLO PENGENYA TAWURAN mnding jd PREMAN DI KAMPUNG PA DIPASAR GTU……

    KAPAN MAJUNYA INDONESIA KLO ORANGNYA TOLOL2 KAYAK GINI…WKWKWKWK…..BISANYA ADU MULUT TPI ga’ ngerti yg dpermasalahin tu apa…smua cuman ikut2an doank

    DARIPADA TAWURAN MNDING DIEM,KERJA, CARI DUIT buat KLUARGA………..

    kasian tu yg buat blog….uda nyari2 info yg bagus buat dijadi’in BLOG
    eh yg coment malah kyag gtu…. DMNA OTAK KALIAN…?????????

    …………BELAJARLAH MENGHARGAI ORANG LAIN………….

    NB : ” SESAMA ANJING TIDAK BOLEH SALING MENGHINA “

  54. KAMPANG galo…!!
    Tai PIlat, ngacukumak kau saling ngatoi…

  55. Askar the king cak tai pilat nonok babi kampang…
    Sini kl berani, tujah tujuh liang…

  56. BRAJAMUSTI anti slemania, Pasoepati & Paserbumi…
    Slemania, pasoepati, paserbumi DIBANTAI saja, kirim ke neraka…..

  57. wes gak usah bal balan, tawuran ae….kabeh…

  58. viking kreatif…..? nonton bola aj kaya nonton bokep pada diem nahanin berak ! viking bukan suporter,tapi jongos bonek.

  59. yg buat Blog ini jg goblok……sok tau ape sok tua lu ?

  60. panser biru sak modare

    jeparanjing dibunh ssaja

  61. jak jancok gkwani teko ng suroboyo lekng suroboyo gawe kawalan polisi

  62. Kemeroh awakmu min, Jancox koen.

  63. alah gatel lee . omong thoo .. brajasmuti anjing lonte !!!,,, viking azuuuuuu

  64. walau trik panas matahari…
    walau hujan turun lagi…
    the jak slalu menanti
    dukung persija sampai mati

    persija jakarta macan kemayoran tunjukan aksimu taklukan lawanmu the jakmania slalu mendukungmu persija oo.. persija

    viking bonex sama aja sama sama anjina !1

    katanya bandung kota musisi,masa bikin lagu aja gk bissa ?/

    katanya viking nomor satu
    tau taunya viking kepala batu
    gk bisa bikinlagu bisanya niru niru
    kata the jak satu lawan satu

  65. Terus saja kau mencaci-maki kami dgn kata2 kotor kayak anjing,tai,kontol,dsb tapi kami tetap tegar dan sabar dan kami selalu menjaga mulut kami agar bersih dari ciuman Setan yg bikin omongan para viking ketahuan banget IBADAHNYA KURANG….Jadi ini bahasa yg dibanggakan para Viking??? Bahasa Sunda yang mnurut saya kalau dituturkan secara halus sangat lembut dan indah namun jika dicemari dgn kata2 Iblis malah jadi bahasa penduduk Neraka…
    Kami tertawa dan senyum senang melihat semakin sering kalian mencaci maki kami,semakin lekat Iblis yg bersemayam dalam mulut dan dirimu sendiri…
    Apakah kami pernah mengatai kalian seperti itu??? Kau lihat sendiri dan bandingkan suasana GBK dn Siliwangi/Si Jalak Harupat….mana yg paling enak didengar oleh pemirsa TV??? Tentu saja GBK dengan lagu2 semangatnya…Orang2 dari seluruh Indonesia mengakui kalau lebih enak nonton pertandingan Persija dari pada Persib karena kami lebih sopan emangnya Viking yg nanyi lagu2 Bahasa Setan yg bukan jadi contoh untuk anak2 kecil??? Kalian para viking mau mencemari otak anak2 belia generasi penerus bangsa yg sedang berkembang dgn kata2 kotor kalian??? Kalian bangga jika suatu hari nanti generasi2 yg tumbuh itu menjadi bejad gara2 virus kata2 kotor kalian??? Jika hal itu terjadi saya dan rekan2 saya bisa saja menuntut Viking karena telah memberikan pengaruh buruk kepada masyarakat…lihat saja nanti….

  66. Udah lah.. buat semua suporter klub yg ada di ISL… gak usah pada bacot.. buktikan aja dengan dukungan di Lapangan.. buat Aremania, The jakmania, viking, LA mania, dll yg ada di ISL… dukung aja trus sampe juara… Khusus BUat Bonek “the best suporter in The world” ^_^ dukung dulu persebaya sampe bisa naik KAsta ISL… malu atuh… Green force di divisi utama… ngakak deh

  67. , BRIGATA CURVA SUD ! ! ! Musuh hanya ada di lapangan , yaitu bernyanyi selama 2*45 menit , setelah itu pak sultan HB yg mengatur. . . PSS 1976. . Tunjukan kreativitas mu

  68. Dear JakBogor Yang comrnt bln| Maret 30, 2013 pada 22:50 .. ngomongnya jangan Rasis Gan jangan Pake nama JABAR,, Gua baca Steg Loe dari awal ampe akhir mengundang Rasis.. Suporter ya Suporter jangan bawa bawa yang lain.. Sekarang loe liat kan akibat mulut loe yang berkoar.. team kesayangan loe udah jelas lagi minim Prestasi .. ingatlah bro perkataan itu sangat tajam melebihi Pedang..yang pada akhirnya banyak orang yang secara langsung baca steg loe pada mengharapkan team Kesayangan loe co.id alias jatuh terpuruk akibat mulutmu yang sombong naudzu billah himmibdhaliq

    • Lah ente inget gak pepatah,”Tak ada asap,bila tak ada Api”
      Nah ane juga sama!!! Gue gak akan begitu juga kalo Viking2 gak menghina kami duluan!!! Yang rasis tuh siapa???Ya Viking lah emangnya saya gak tau Viking2 tuh ngerasis melulu tiap hari baik di stadion maupun di internet…saya gak terima makanya saya melawan!!! Emang apa salahnya???
      Eh jangan bawa2 Persija juga yah,segala sesuatu pasti ada saat2 sedang diatas dan saat2 sedang ada dibawah…Semuanya juga mengalami hal demikian,jadi itu hal yg wajar saja…
      Jika ada yg menyumpahi klub kesayangan kami semakin jatuh itu sama saja mereka Mendoakan klub mereka lebih jatuh separah-parahnya dari pada klub kami
      Lihat saja kebangkitan Persija di putaran ke 2 nanti…

  69. persija berjuang lah jangan putus asa

  70. ayo persija jangan putus asa

  71. saya mah masih anak TK

    Artikel ini merupakan bagian kedua dari trilogi tulisan Eko Maung. Bagian pertama adalah artikel berjudul: Memidanakan Suporter Sepakbola.

    Di era teknologi informasi dan semua orang begitu mudah mendapatkan informasi utamanya melalui media-media sosial dan media online, karena diterima secara masiv dan cepat, maka seringkali hal-hal yang sesungguhnya keliru menjadi dianggap benar dan semakin disebarluaskan. Maka sebelum membahas perseteruan antara kedua kelompok suporter, ada baiknya kita meluruskan persepsi yang belakangan semakin keliru dan mengganggu.

    Pertama adalah kekeliruan mengenai sejarah klub itu sendiri, banyak media baru yang menganggap dan meyakinkan banyak orang bahwa PERSIB vs Persija adalah laga klasik, bergengsi yang sejak dulu tak hanya seru didalam lapang namun juga luar lapang dan melibatkan banyak hal termasuk perseteruan suporter semenjak jaman perserikatan. Kenyataannya adalah: duel klasik yang melibatkan massa besar dan suporter fanatik serta layak disebut musuh bebuyutan bagi PERSIB diera perserikatan adalah laga-laga menghadapi duo ayam, yaitu Ayam Kinantan (PSMS Medan) dan Ayam Jantan Dari Timur (PSM Makasar)+bolehlah kita masukkan juga Persebaya Surabaya sebagai seteru.

    Ya!, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makasar adalah 4 kota yang dapat kita katakan memiliki tradisi sepakbola yang mengakar, maka tak heran suporter sepakbola ini mencakup 3 generasi (Kakek, Ayah , Anak), ini berbeda dengan kota-kota lain yang memiliki suporter yang identik dengan kelompok suporter (biasanya memiliki embel-embel mania dibelakangnya), bisa dipastikan eksistensi suporter jenis ini adalah trend yang menjamur diera pasca kompetisi perserikatan, termasuk Jakmania. Sehingga adalah kekeliruan besar bagi mereka yang mengatakan laga Persija vs PERSIB adalah laga klasik yang melibatkan suporter kedua tim selama puluhan tahun, dan lebih gilanya lagi ada juga media yang menyesatkan umat dengan mengatakan bahwa kandang Persija diera perserikatan adalah stadion Senayan, padahal kandang Persija diera perserikatan adalah stadion menteng yang sekarang telah digusur.

    Jika dikatakan bahwa Persija Jakarta pernah menjadi tim bagus diera perserikatan, ya itu betul karena mereka memang memiliki masa-masa itu tapi tetap harus diingat bahwa prestasi bagus Persija dimasa lalu tidak berbanding lurus dengan jumlah massa pendukung mereka, sebelum lahirnya Jakmania penonton laga Persija hanyalah simpatisan-simpatisan dan keluarga pengurus yang jumlahnya tentu tidak seberapa.

    Perlu diketahui juga oleh para bobotoh muda bahwa jika membicarakan tim Jakarta yang layak diperhitungkan saat kita berbicara era awal liga Indonesia maka tim itu adalah tim Pelita Jaya Jakarta, mereka memiliki kelompok pendukung bernama the Commandos yang identik dengan anak-anak kaya, cewek-cewek cantik, yang tentu saja jumlahnya sangat-sangat sedikit, bahkan stadion mini mereka yaitu stadion lebak bulus pun tak pernah penuh jika Pelita Jaya bermain.

    Kembali ke Persija, diawal era liga Indonesia (sekitar tahun 1994-1995), Persija dapat dikatakan tim yang tak diperhitungkan, minim dana, pemain-pemain gurem, stadion menteng yang kurang perawatan dan selalu sepi, dan satu hal yang perlu diingat bahwa warna tim Persija adalah merah bukan oranye seperti sekarang. Semua berubah sekitar tahun 1997, adalah seorang gugun gondrong pelaku utamanya, dalam sebuah memoar yang saya ingat dia pernah mengatakan cukup gerah dengan ke Jakartaan kota Jakarta yang semakin tersingkir oleh pendatang, salah satu parameternya dari kehadiran penonton sepakbola saat Persija bermain.

    Jika Persija menjamu PSMS yang menuhin stadion menteng pastilah orang batak, jika menjamu PSIS atau persebaya pastilah orang jawa yang mendominasi, begitupun saat meladeni PERSIB, pastilah urang sunda yang menyesaki menteng. Intinya disanalah gugun mulai menyentuh sisi emosional orang-orang yang sehari-hari hidup di Jakarta bahwa saatnya menanggalkan klub daerah masing-masing dan mendukung tim dimana mereka beraktivitas yaitu Persija. Dan tentu saja bukanlah hal mudah untuk menyentuh sisi emosional ini, apalagi memaksa seseorang untuk mendukung salah satu tim sepakbola. Hal ini perlu dirangsang dan bersambutlah seorang Sutiyoso yang membutuhkan “kelompok sayap” untuk menopang kekuatan politisnya, 2 yang paling menonjol menurut saya adalah upaya sutiyoso untuk menggandeng Jakmania dan FBR, saya tak taulah tentang FBR, namun untuk Jakmania saya tahu bahwa mereka dirangsang dengan tiket-tiket gratis bahkan disediakan hingga tingkat kelurahan, dan upaya rekayasa membangun fanatisme ini diupayakan juga dengan angkutan-angkutan umum gratis seperti metromini yang menjemput dan mengangkut mereka ke stadion. Sungguh berbeda bukan dengan fanatisme alami ala bobotoh yang harus mencari setengah mati tiket-tiket berharga mahal dan susah payah mencapai lokasi pertandingan.

    Pasca sentuhan Sutiyoso inilah Persija dan suporternya bertransformasi memasuki era baru yang membuat mereka diperhitungkan. Berbicara mengenai pembangunan suporter, Jakmania pun tentunya memerlukan rujukan dan konon kota Bandunglah yang mereka jadikan rujukan, maka tak perlu heran jika pengurus-pengurus Jakmania pada awalnya justru sering berkunjung ke bilangan gurame di kota Bandung untuk “belajar”, tepatnya di markas salah satu kelompok bobotoh yaitu Viking. Maka tak perlu heran jika pada awalnya pengurus kedua kelompok suporter ini sebenarnya saling mengenal dan jauh dari bayangan keadaan saat ini. Lebih jauhnya saya tak ingin terlalu banyak menulis mengenai ini karena saya hanya mendengar sepotong-sepotong saja dan khawatir itu pun tidak valid seutuhnya. Oleh karena itu saya ingin langsung beranjak kepada salah satu momentum yang saya alami sendiri yaitu bentrokan pertama suporter PERSIB dengan Jakmania, saya sengaja mengatakan “suporter PERSIB”, dan bukannya menyebut Viking ataupun bobotoh karena konon yang terlibat dalam bentrokan ini bukanlah anak-anak Viking tapi menyebut bobotoh pun tak elok karena dapat menyeret dan menggeneralisir.

    Gesekan pertamaGesekan pertama terjadi sekitar tahun 1999 di Siliwangi Bandung, saat itu Persija yang disuntik dana besar oleh Sutiyoso hadir dengan materi-materi terbaik dimasanya seperti Luciano Leandro, Dedi Umarella dll, sedangkan PERSIB bermaterikan pemain-pemain veteran dan lokal yang tak terlalu mentereng namanya. Luar biasa animo bobotoh dalam laga ini, saya ingat betul saat itu sulit sekali untuk mendapatkan tiket tribun timur, dulu Viking masih menguasai tribun selatan, dan elemen-elemen bobotoh yang menjadi cikal bakal BOMBER masih tersebar seperti stone lovers, suporter forever, BFT, Provost PERSIB, Vorib, robokop, Casper, tiger fortune dll.

    Disaat itu puluhan ribu bobotoh masih tertahan diluar tak dapat masuk stadion, sementara suasana di dalam stadion pun semakin tak nyaman karena penonton berdesakan. Disaat itulah tiba-tiba banyak bus mendekat ke area stadion, mereka adalah bus-bus yang membawa Jakmania, kalau tidak salah ada sekitar 7 bus, cukup banyak memang karena gratisan dan disupport dana oleh sutiyoso. Terbayang apa yang terjadi, disaat “penduduk asli” yaitu suporter tuan rumah pun emosi karena tidak dapat masuk stadion, tiba-tiba datanglah “tamu tak diundang” dari ibukota, dengan gaya yang mungkin dianggap kurang berkenan maka terjadilah gesekan itu, saya kurang tau persisnya namun beberapa bus memutar ke arah jalan menado dengan kaca-kaca pecah dan terdengar kata-kata makian.

    Alkisah PERSIB kalah hari itu, kericuhan terjadi di dalam dan di luar stadion, saya ingat benar saat itu Luciano Leandro kepalanya bocor terkena lemparan batu, dan musim itu adalah musim dimana jerseynya sangat saya suka yaitu apparel reebok, cukup elegan dan simpel, harga originalnya di toko olahraga berkelas di BiP sekitar Rp. 79.000,00 , harga yang terbilang cukup mahal pada saat itu (cik mun ayeuna aya keneh jersey eta harga sakitu diborong tah ku aing!- teu make anj!#*).

    Gesekan berlanjutDi masa itu PERSIB memang kurang bersinar, nama besar dan loyalitas bobotoh-nya lah yang membuat PERSIB tetap disegani, dan diantara keredupannya itu, tetap ada satu nama yang mampu menjada track PERSIB sebagai penyuplai pemain untuk tim nasional setelah berakhirnya era Robi Darwis, satu-satunya pemain PERSIB yang tetap dipanggil oleh tim nasional itu adalah pemilik VO2MAX tertinggi di timnas pada saat itu, salah satu pemain favorit penulis, dia adalah Yaris Riyadi.

    Dengan adanya satu wakil PERSIB di timnas maka sudah menjadi alasan yang cukup kuat bagi bobotoh untuk tetap setia memberi dukungan kepada tim merah putih, terutama saat berlaga di GBK, dan diantara mereka yang rajin nonton timnas adalah anak-anak Viking Jabodetabek (sekarang kan memekarkan diri menjadi vkg bekasi, bogor dsb), nah konon katanya, euceuk, ceunah, meureun, sejak kejadian bentrok di Bandung itu, anak-anak Jakmania mulai melakukan intimidasi dan gangguan-gangguan serius kepada anak-anak Viking jabodetabek ataupun para penonton asal Bandung, alkisah makin lama makin hot dan dibalas pula dalam setiap kesempatan meskipun itu diluar laga PERSIB vs Persija. Salah satu yang saya ingat adalah gangguan yang ditujukan pada Jakmania ketika Persija bertandang ke kandang persikab di stadion sangkuriang cimahi, rupanya acara ganggu-mengganggu ini cukup banyak juga peminatnya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa peletup dan momentum yang membuat pertikaian ini semakin membara dan sulit padam adalah kejadian setelah kuis siapa berani di Indosiar. Saat itu anak-anak Viking yang tampil sebagai jauara kuis rupanya telah diincar dan siap dihabisi sejak mulai studio hingga jalan tol, insiden terhebat adalah di pintu tol tomang, anak-anak Viking di hajar habis-habisan dan ya begitulah tak perlu diceritakan secara detail.

    Bentrokan terhebat yang terjadi pasca insiden kuis siapa berani terjadi sekitar tahun 2001. Saat itu PERSIB dijamu Persija di GBK Jakarta, kebetulan saat itu isu-nya masih terbatas Viking dan Jakmania, belum bobotoh ataupun suporter PERSIB secara keseluruhan. Saya masih ingat saat itu anak-anak Viking berangkat menggunakan banyak bus, sedangkan Bobotoh lain berangkat menggunakan banyak mobil pribadi,termasuk saya yang memilih menggunakan minibus bersama kawan-kawan.

    Jika tak salah dulu kami masih menggunakan jalan via Puncak belum Cipularang, semua masih tertawa-tawa hingga kami memasuki tol dalam kota Jakarta. Disamping kami di jalan reguler melaju sejajar sebuah metromini sarat Jakmania yang terus menunjuk-nunjuk kami dan meneriaki mobil kami, saat itu atmosfer permusuhan belum separah sekarang sehingga ya berani-berani saja tetap kibar bendera biru dan memakai baju PERSIB, karena yang punya masalah kan Viking dan Jakmania, sedangkan kami yang tidak bergabung dengan rombongan seharusnya aman, itu cara pikir bobotoh kebanyakan. Karena beberapa mobil plat D didepan pun tak melepas bendera PERSIB mereka, dan rupanya itu adalah ide buruk…sangat-sangat buruk. Lepas dari tol, mobil kami beserta 2 mobil lainnya dikejar oleh ratusan Jakmania. Segeralah gas ditancap dengan maksud melarikan diri, namun tak diduga macet luar biasa di depan TVRI, mobil kami terhenti dan segeralah Jakmania mengerubungi mobil kami, bunyi keras sekali entah apa yang mereka gunakan untuk menghajar bodi mobil dan kaca, pendek cerita, kaca mulai pecah dan rontok, kawan-kawan yang duduk paling dekat dengan jendela pun terkena pukulan langsung. Saya masih ingat andai TUHAN tak segera menolong kami saat itu mungkin kami akan menjadi bulan-bulanan paling parah ya mati dan saya tak mungkin menulis tulisan ini. Pertolongan TUHAN itu adalah ketenangan luar biasa dari sang sopir, meski darah mengalir dari kepalanya dia tetap dapat melihat jalan kecil sisa galian kabel di tepi jalan dan segera melewati jalan itu, terlewatilah masa-masa yang tak akan pernah kami lupakan itu.

    Kami dipandu oleh salah seorang Viking jabotabek bernama Agus Rahmat dan segera mengamankan diri ke area lapangan hoki, sementara yang lain mencoba menghentikan pendarahan dan melakukan pertolongan pertama. Sementara itu menurut kabar anak-anak Viking pun terlibat bentrokan hebat dan tak dapat masuk stadion, bentrokan terjadi di luar dan dalam stadion karena beberapa kawan yang bisa masuk stadion (konon mereka ini adalah anak-anak jabodetabek) berada dalam jangkauan Jakmania sehingga polisi menembakkan gas air mata untuk menghalau the jak, imbasnya sampai ke lapangan, konon Aceng Juanda cs pun bergelimpangan di lapangan hijau akibat gas airmata ini, PERSIB kalah 0-3 dan bagi sebagian orang yang menjadi korban insiden pada hari itu, mereka telah menemukan alasan untuk menyatakan perang seumur hidup kepada Jakmania, slogan-slogan permusuhan pun mulai marak dan menjadi komoditas ekonomi untuk dicetak pada kaos-kaos suporter.[c]

    Penulis adalah bobotoh yang berkhidmat

    • Tuh…sudah jelas kan…yang pertama bikin kerusuhan siapa….
      ya VIKING!!! XP

      • bobotoh cileungsi

        sia bogor na dimana nyet??

      • jakbogor@ Gue Rasa lu bukan Suporter Bola,& juga orang yg b’pdidikan?

        – Klo elo emang sprter Bola? lu gk bakal bawa Nama Lain selain Club yg Lu Bela.
        – Klo elo pinter? Lu gk Bakal adu Coment sampai panjang Lebar & terus Mantengin Blog Ini sampai bgtu Lamanya.
        karena gak ada untungnya.
        – katanya cinta Damai?
        waktu temen lu lari” lu alesan mereka gk bw senjata?

        *klu elo bela demi gengsi & harga diri

        – Ok,Fine.
        haruskah demi harga diri itu Club lu Juara?
        ‘Kagak?
        apa lu dpet duit?
        ‘mgnkin lu emg dibayar?

  72. ih bolot abis itu @jakbogor
    katanya berpendidikan, punya moral
    tapi sendirinya kemakan omongan sendiri, malah ngehina setanah sendiri
    eh bang ane kasih tau ye..
    jakarta itu jaman sejarah padjajaran bukan ape2 cuman sekedar pelabuhan biasa
    buat lu lu para seporter jangan kemakan omongan @jakbogor dia cuman sensasi aje, bikin pecah belah bangsa kite
    yang namanya pinter itu bisa nyatuin bangsa kaya soekarno bukan malah manas2in aje
    ane juga orang jakarta bos, tapi loe cerminin yang bukan orang jakarta
    bolot abis, pinter pinter bikin bego otak sendiri lu

    • Masa Bodoh suka2 gua….Gua punya cara gua sendiri…setiap orang punya cara masing2 yg berbeda kan???
      Udah lu duduk manis aja dan liat hasilnya
      Lu Viking gak usah ngaku2 orng jakarta deh udah banyak oknum viking kayak loe yg ngaku2 The Jak atau orng jakarta…udah basi gan…. :P

  73. admin koplak raiso ngarang karangane ngawor

  74. ya begini lah suasana liga kita, gw tinggal di indonesia bukan cuman buat main bola, mf gw gak rela mati demi bola, gw rela mati demi negara dan gw rela mati mengusir penjajah, sori gw gak suka liat liga indonesia kecuali liat timnas meski mainya kadang jelek tapi gw tetep tonton karena mereka bersatu, wajar kalo sebagaian orang di dindonesia cendrung lebih memilih liga di luar indonesia, mungkin kalo udah pada damai baru gw liat liga indonesia

  75. Jancok kon Akun pembelot Arema sama Persija..!!!!!
    raimu iku modus cok..!!!!
    tutup en Akun mu opo tak blokir cok..!!!!!!
    Persebaya dan Persib, bukan cerita fiktif seperti ceritamu..!!!!!
    Lek koyok ngene endi isok bersatu cok..!!!!!
    Goblok bangsat keparat raimu modus cok >Samid<..!!!!!

  76. HE qw aregh bonek koen ngejak tawuran tak ladeni tapi koen ojk ngelokno viking/bobotoh walaupun de’e biyen musuh e aregh bonek aregh the jak jancokk kabeh

    BUJANG (bonek united sepanjang)

  77. the jak iku asuuu ,, ngerakeun isl ISL ancur gara” jak mania tuh masaa pemain persib datang ke jakarta di lempar batu dasar KAMPUNGAN klo berani datang donx ke bandung viking tuh dah berani datang ke bandung masa jak ga berani sih cemen lo JAK

    VIKING JAKARTA anti JAK keparat mencemari kota jakarta jadi tidak baik gara” jak mania

    HARUS NYA JAK BUBAR !!

  78. @jak bogor terus semangat dukung persija.
    BUAT BONEK JANCOK TEKO.O NANG MALANG.
    BUDAL TEKO SUROBOYO 100000 UWONG TOTOK MALANG KARI 0 UWONG. BONEK JANCOK KETAM KABEH NDEK SIDOARJO.
    BONEK MERDA AE GK KUAT NGATASI TAWURAN AMBEK DELTA MANIA MENDA.O AMBEK AREMANIA.
    SALAM 1 JIWA AREMA INDONESIA.
    SALAM SAKIT HATI, CIYUT NYALI, BANCI….!

    • alifi bonek immortal

      nanta@ raimu ojk kakean cocot cokk…,, wani selet gk wani rai yo arema banci ikhu cokk..,, majuo kabehh arema gk wedi blazzz..,, nyali2 bancii

      salam satu nyali wanii #bonek krian

  79. nagh aremania hanya tuhan yg dpt menghentikan kami

    ayas nagh arema bonex itu suporter gak punya duit sehingga dinamakan bondo nekat alias TAEKK.

  80. What’s up, every time i used to check web site posts here in the early hours in the daylight, for the reason that i enjoy to gain knowledge of more and more.

  81. Sweet blog! I found it while browsing on Yahoo News.
    Do you have any suggestions on how to get listed in Yahoo News?
    I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Thanks

  82. suforter NORA smua,kpn mo akur??? mndngn perang lo smua lwan tu amerika! anjink smua lo babi,bagong,ga da bnr nya! klw w jd presiden w bubarin lo smua…

  83. sudahlah, kalian semua seperti orang tolol yang g tau aturan dan tata krama kehidupan
    gw tau kita semua emang selalu perang dari dlu n smpe skrang pun masih gtu
    kalian semua itu primitif alias orang rimba meskipun tinggal di kota
    fanatik boleh, tapi tetap damai
    mka’a indonesia bisa dijajah lma ma belanda, gra2 bisa diadu domba dngan mudah
    indonesia g akan maju selama rakyat’a saling menumpahkan darah, sdkit ada yg maju sirik, kalo ada yg tersungkur diketawain bukan ditolongin

    sebelum lu semua saling numpahin darah, mendingan bubar aja lah negeri ini
    karna lo semua sma aja ngebunuh sodara lu sendiri

  84. HAPUSEN AE PO’O REK POSTINGANE, NGGARAI RIBUT AE SEH!
    AREK” GENDENG KOK PODO DIGAGAS, LEK KOEN PODO CUMA SENENG NGUMBAR EMOSI, OLEHE LHO OPO ?
    ULEH DUIT A ? HEH ? GAK KAN ? . .

  85. Benteng viola dan Benteng mania bukan miris karna satu kota saja .asal anda tau setiap persita main BATMAN hadir untuk mantekin dan sebaliknya.
    Satu pertandingan minimal 1 nyawa hilang

  86. bonek vs aremania musuh abadi

    siapa setuju

  87. panser,snex,viking,bonex. Satu hati,
    banjet the jak asu PK kbeh

  88. alifi bonek immortal

    arema jancokk.., teko.o ng suroboyo wong 10 juta.. bonek gk mundur blass cokk.. pas pertandingan persebaya vs arema liga IPL nang stadion gelora bung tomo . stadion bung tomo lautan hijau .., wani.a arema teko ng suroboyo..,,…………….. hahahahah… arema jancok. omong tok,,
    by gerbonk (gerombolan bonek krian) salam satu nyali wanii… arema bancii omong tok

  89. JAKanjing Itu banci,di kejar sama Pasukan VIKING kok kocar kacir.pas di maguwoharjo wakwak :-) LOL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 854 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: