SELAMAT ULANG TAHUN AREMA INDONESIA KE-24


Dekama94 Blog- Hari ini 11 agustus 2011 merupakan hari yang bersejarah bagi klub sepakbola profesional, Arema Indonesia karena memperingati hari jadinya ke-24. Berumur 24 tahun, bukan waktu yang singkat melainkan sudah melewati masa mudanya untuk bergerak menjadi sebuah klub yang memiliki sejarah.



Arema Malang merupakan klub yang berdiri tanggal 11 Agustus 2011 atas dasar prakarsa Acub Zaenal, pencetus lahirnya klub Galatama, ini bernama Aremada. Yakni gabungan klub lokal Malang Armada 86 dan Arema. Namun nama itu tidak bisa langgeng. Beberapa bulan kemudian diganti menjadi Arema 86. Upaya untuk mempertahankan klub Galatama Arema 86 banyak mengalami hambatan, bahkan tim yang diharapkan mampu berkiprah di kancah Galatama VIII itu mulai terseok-seok karena kesulitan dana.
Dari sinilah, Acub Zaenal bersama putranya Lucky, lantas mengambil alih dan berusaha menyelamatkan Arema 86 agar bisa tetap survive.

Nama Arema 86 pun diubah menjadi Arema dan ditetapkan berdirinya pada 11 Agustus 1987 sesuai akte notaris Pramu Haryono SH No 58. Sejak saat itu, Arema mulai menggelar persiapan layaknya sebuah tim profesional. Baik itu menyangkut skuad timnya maupun fasilitas bagi semua pemain dan ofisialnya.

Prestasi klub Arema dikancah sepakbola nasional terbilang pasang surut. Hal itu karena tergantung pembiayaan klub yang menjadi kendala utama. Maklum saja karena bukan klub “Plat Merah” sehingga tidak mendapatkan kucuran dana APBD. Meski demikian, mahkota juara Galatama pernah mereka rebut pada musim kompetisi 1992.

Sejak mengikuti Liga Indonesia, gabungan klub dari Perserikatan dan Galatama, Arema tercatat pernah tiga kali masuk putaran kedua atau babak delapan besar. Namun kendala finansial terus saja menghimpit perjalanan klub ini, hingga akhirnya diakuisisi kepemilikannya oleh PT Bentoel Internasional Tbk pada pertengahan musim kompetisi 2003.

Akibat krisis keuangan itu pun membuat Arema turun kasta di divisi satu. Tapi dengan kekuatan finansial baru, Arema hanya satu musim berada di divisi satu dan kembali promosi dengan status sebagai juara. Sejak saat itu prestasi Arema cenderung stabil hingga menembus Superliga, kompetisi kasta tertinggi di tanah air. Perjalanan di Indonesia Super League di musim pertamanya, Arema yang mencoba menggaet pemain-pemain muda jebolan Timnas Indonesia U-23 masih belum bisa berbuat banyak sepanjang kompetisi dan harus puas berada di posisi ke-10 klasemen. Perubahan terjadi saat Robert Rena Albert datang untuk melatih Arema Indonesia di musim ke-2 Indonesia Super League, dengan konsitensinya selama semusim itu, Arema Indonesia berhasil menjuarai musim ke-2 Indonesia Super League. Di musim ke-3, ambisi untuk mempertahankan gelar Indonesia Super League yang diperolehnya musim sebelumnya gagal setelah Persipura Jayapura berhasil merebut kembali gelar itu setelah sempat singgah di kota Malang, Arema Indonesia pun harus puas berada di posisi runner up klasemen akhir.

Di Ulang tahunnya ke-24, Arema Indonesia akan menjalani musim baru yang kemungkinan akan terselenggara awal oktober 2011. Krisis keuangan, dualisme manager, belum kelarnya masalah gaji pemain membuat ulang tahun Arema Indonesia terasa sangat menyedihkan, seharusnya dengan usia yang ke-24 Arema Indonesia harus bisa menjadi klub profesional yang mapan dan kuat. Semoga di Ulang tahunnya yang ke-24, Arema Indonesia bisa jauh lebih baik, dan menjadi yang terbaik di Indonesia. Amin!

About these ads

About Dimas Eka Pratama

Orang asli Malang yang bercita-cinta ingin menjadi seorang pengusaha terkenal. Saat ini, memiliki hobby menulis di dalam dunia maya dan memiliki impian menerbitkan buku. Ingin lebih mengenal penulis, klik http://www.dimasekapratama.com

Posted on Agustus 11, 2011, in Artikel, Opini Penulis and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 854 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: